Daun Sage, Rempah Asli Eropa

daun sage
Sumber :

VIVAnews - Daun sage banyak digunakan sebagai bumbu masak dapur di Eropa. Aroma harumnya sering digunakan untuk menambah aroma bumbu masakan olahan daging dan seafood.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, tanaman yang memiliki nama ilmiah salvia officinalis L ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Warna daunnya hijau keabu-abuan dengan bunga berwarna biru keunguan.

Dalam masakan, daun sage biasa digunakan dalam kondisi segar maupun kering. Rasanya sedikit peda dan agak pahit. Aroma khasnya akan semakin terasa jika ditaburi di atas masakan yang dipanggang.

Daun sage kering juga bisa dijadikan teh. Selain itu, daun sage juga mengandung minyak atsiri dan zat aktif lainnya. Zat ini berfungsi sebagai obat untuk menyembuhkan gigitan ular, meningkatkan kesuburan, sebagai antibiotok dan bersifat diuretik (melancarkan buang air kecil).

Sengketa Pilpres Dinilai Jadi Pembelajaran, Saatnya Prabowo-Gibran Ayomi Semua Masyarakat
Airlangga Hartarto Didukung Satkar Ulama jadi Ketum Golkar 2024-2029

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Dukungan ke Airlangga Hartarto, untuk kembali memimpin Partai Golkar, terus berdatangan. Kali ini, dari organisasi didirikan Golkar, yakni Satuan Karya atau Satkar Ulama.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024