Enam BUMN Lolos Privatisasi 2012

BUMN
Sumber :

VIVAnews - Komite privatisasi menyetujui enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan menggelar privatisasi pada tahun ini. Jumlah itu berkurang dari usulan sebelumnya sebanyak sembilan BUMN.

Dari enam perusahaan, komite menyetujui tiga BUMN menggelar privatisasi melalui strategic sale, dua BUMN menggelar penerbitan saham baru (rights issue), dan satu perusahaan bakal menggelar penawaran perdana saham atau initial public offering (IPO).

"Dari sembilan yang diajukan, setelah pembahasan, empat BUMN yang akan kita IPO dan rights issue dengan sejumlah catatan," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, di Jakarta, Selasa, 31 Januari 2012.

BUMN yang bakal diprivatisasi lewat mekanisme strategic sale adalah PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT Inti), PT Industri Sandang Nusantara, dan PT Industri Gelas. Ketiga perusahaan ini diharapkan bisa digabungkan dengan BUMN lain untuk pengembangan bisnis ke depan. 

Sementara itu, dua BUMN yang bakal menggelar rights issue adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk dan PT Kimia Farma Tbk. BTN rencananya bakal melepas lagi 12 hingga 14 persen saham ke publik.

Khusus untuk Kimia Farma, rights issue baru bisa dilaksanakan setelah dilakukan share swap (pertukaran saham) dengan perusahaan sejenis milik pemerintah, PT Bio Farma.

"Sehingga mereka punya share swap dengan pemerintah. Mereka bisa mengatur line of business-nya, sehingga tidak berbenturan, jadi bisa lebih baik," tuturnya.

Hatta juga mengungkapkan, pemerintah menyetujui privatisasi lewat mekanisme IPO untuk PT Semen Baturaja. Perusahaan semen pelat merah ini rencananya bakal melepas maksimal 35 persen saham ke publik dan seluruh dananya digunakan untuk pengembangan perusahaan.

Dia menambahkan, hingga akhir tahun ini, komite privatisasi bakal menggelar pembahasan sebanyak dua hingga tiga perusahaan lagi untuk dilakukan IPO. "Sedang dibahas dan dimatangkan oleh meneg BUMN," imbuhnya. (art)

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024