Kenapa Dahlan Tak Setuju IPO Pegadaian

Dahlan Iskan, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara.
Sumber :
  • VIVANews/Nurcholios Anhari Lubis

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan segera mencari pengganti PT Pegadaian (Persero) yang urung melantai di bursa. Alasannya, Pegadaian diabdikan untuk masyarakat kecil. "Kami masih cari gantinya," kata Dahlan, Rabu 1 Februari 2012.

Ia menargetkan pada Februari ini akan ada BUMN lain yang akan melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering, IPO). "Karena target kami harus ada beberapa BUMN yang IPO, maka dalam Februari ini akan ditemukan siapa kira-kira pengganti Pegadaian," ujarnya.

Dahlan menjelaskan urungnya Pegadaian melepas saham ke publik karena BUMN ini ditugaskan untuk mengabdi kepada rakyat kecil. Performa Pegadaian saat ini luar biasa dengan laba yang tinggi. "Sehingga kalau IPO akan gempar, dalam artian laris," kata mantan Dirut PLN ini.

Ia menegaskan tugas BUMN tidak hanya mencari laba yang besar, tidak sekadar mengembangkan perusahaan sebesar-besarnya. Namun, BUMN juga harus berperan untuk kepentingan pembangunan bangsa.

Dahlan khawatir, jika jadi perusahaan publik maka Pegadaian akan sangat berorientasi laba semata untuk mengerek harga saham. Jika sudah begitu, sudah tentu Pegadaian akan mengenakan suku bunga pinjaman yang tinggi.

"Kalau Pegadaian bunganya tinggi, kasihan orang-orang kecil yang menggadaikan barang-barangnya itu," katanya. (kd)

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran
ilustrasi hubungan seks

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke

Lantas apa yang perlu dilakukan ketika pasangan yang hyperseks? Seksolog kenamaan dokter Boyke angket bicara.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024