Pria Kenali Wanita Menstruasi dari Suara

pria dan wanita
Sumber :
  • Dreamstime

VIVAnews - Menstruasi merupakan waktu dimana terjadi perubahan fisik maupun psikis yang menjadikan suasana hati wanita paling sering berubah-ubah. Umumnya, pria memilih menghindari konflik dengan pasangan mereka pada periode 'bulanan' ini.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan pria mampu mengenali wanita yang sedang menstruasi hanya dari suara mereka. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Etologi, psikolog meminta tiga kelompok pria mendengarkan rekaman suara sepuluh wanita yang mengalami empat titik yang berbeda selama siklus menstruasi mereka.

Empat rekaman diputar dalam urutan acak dan kelompok pria yang pertama diminta menebak mana wanita yang sedang menstruasi.

Tes yang dilakukan oleh Nathan Pipitone dari Adams State College dan Gordon Gallup, dari SUNY-Albany, mengungkapkan 35 persen pria menebak dengan benar atau digambarkan sebagai hasil 'signifikan'.

Hasil studi menunjukkan pria mengenali suara wanita yang sedang berovulasi lebih menarik daripada periode lainnya dalam siklus haid mereka. Jadi, untuk memperkuat penelitian mereka, para ilmuwan menukar rekaman wanita yang berada dalam masa ovulasi dan wanita yang berada pada hari-hari paling tidak subur atau sedang menstruasi.

Ternyata, kelompok kedua mengenali suara wanita yang sedang menstruasi dengan ketepatan 34 persen. Bahkan, kelompok ketiga mampu menunjukkan adanya 'masa' dimana suara wanita lebih tinggi daripada waktu lainnya.

Menurut pria yang ambil bagian dalam eksperimen, ada empat indikator kunci yang membuat mereka bisa mengenali masa mesntruasi wanita yaitu suasana hati (baik-buruk), kualitas (keras-halus), pitch (rendah-tinggi); dan kecepatan (lambat-cepat).

Beberapa pria mengatakan wanita yang menstruasi memiliki suara lebih rendah dalam kualitas dan suasana hati.

Dalam teori evolusi, keengganan pria mendekati wanita menstruasi dan memilih mereka yang berovulasi adalah upaya melanjutkan keturunan. Pipitone berkata, "para pria tampaknya menentukan suara wanita menstruasi dengan memilih suara yang paling tidak menarik," ujarnya kepada Daily Mail.

Dia menambahkan suara yang dihasilkan selama menstruasi juga dipengaruhi hormon yang menginduksi perubahan vokal.

Bukti lain menunjukkan pria menyadari kapan wanita sedang mengalami siklus menstruasi. Sebuah studi dalam jurnal Evolution & Human Behaviour pada 2007 menyebut, penari wanita memperoleh tip 80 persen lebih banyak saat sedang berovulasi dibandingkan saat menstruasi.

Penelitian serupa di Jerman tahun lalu menunjukkan suara wanita cenderung menjadi 'lebih berat dan kurang harmonis' saat sedang menstruasi. (eh)

Penumpang Mobil Berpelat F Ini Dicari Netizen hingga Dikecam Ridwan Kamil
Ilustrasi bekerja.

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Perusahaan-perusahaan domestik tidak hanya menciptakan lapangan kerja tetapi juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi negara.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024