Singa Lepas, Walikota Jokowi Kritik Pengelola

Walikota Solo Joko Widodo
Sumber :
  • Antara/ Andika Betha

VIVAnews – Walikota Solo Joko Widodo menyayangkan lepasnya seekor singa dari kandangnya di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo. Ia menegaskan, insiden tersebut menunjukkan perlunya perbaikan manajemen di TSTJ.

“Saat ini pengelolaan TSTJ memang belum baik. Untuk memperbaikinya, kita butuh investor,” kata Jokowi di Solo, Rabu 1 Februari 2012. Sayangnyahingga saat ini belum ada titik temu antara manajemen Jurug dengan calon investor.

Padahal, imbuhnya, jika investor sudah masuk, kebun binatang tersebut dapat dikelola secara profesional. “Pengelolaannya dengan standar internasional, seperti halnya pengelolaan kebun binatang yang ada di Singapura, Jerman, maupun Guangzhou (China),” kata Jokowi.

Ke depannya, Jokowi berharap hewan-hewan koleksi Jurug tidak hidup di dalam kerangkeng lagi, melainkan hidup di habitat aslinya yang dibatasi dengan parit-parit.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

“Standar internasional memang seperti itu. Coba saja lihat antara hewan yang dikerangkeng dengan yang tidak dikerangkeng atau bebas, pasti lebih senang yang tidak dikandang,” ujar dia.

Meski hewan tidak dikurung di kandang, kata Jokowi, penataan lokasi hewan tersebut tetap memperhatikan keselamatan pengunjung. “Itu semua sudah ada standarnya. Nanti misalnya hewan ditaruh di bagian bawah, sehingga pengunjung bisa melihat dari atas,” paparnya.

Kemarin, Taman Satwa Taru Jurug Solo dibuat heboh dengan lepasnya seekor singa dari kandangnya. Hasil penyelidikan sementara mengungkapkan, singa tersebut lepas karena penjaga lupa mengunci kandang hewan itu.

“Pak Agus Purwanto merupakan salah satu keeper (penjaga) andalan TSTJ. Selain merawat singa, keeper tersebut juga bertugas merawat macan,” ujar Lilik Direktur TSTJ Solo, Lilik Kristianto. “Namun kemarin keeper lupa mengunci pintu kandang siang,” imbuhnya.

Untunglah petugas berhasil mengevakuasi seluruh pengunjung TSTJ, dan singa tersebut akhirnya berhasil dilumpuhkan dengan bius. Sayangnya, singa itu sudah menerkam satu anak unta hingga tewas. (umi)

Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024