Optimisme Ekonomi Global Angkat Saham Asia

Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai

VIVAnews - Saham-saham di Asia menguat dalam tiga hari berturut-turut, seiring indeks acuan bursa regional yang berpotensi menembus level tertingginya dalam penutupan transaksi tiga bulan terakhir.

Membaiknya pendapatan di sektor manufaktur Amerika Serikat dan Eropa, meningkatkan kepercayaan pada para investor akan pulihnya ekonomi global.

Saham LG Electronics Inc, pembuat ponsel terbesar ketiga di dunia, naik 5,9 persen di bursa saham Seoul. James Hardie Industries SE, pemasok bahan bangunan yang menyasar pasar AS, melonjak 4,9 persen di bursa Sydney.

Sementara itu, perdagangan 241 saham, termasuk Sony Corp dan Hitachi Ltd dihentikan sementara di Bursa Efek Tokyo karena adanya kesalahan teknis.

"Kami mendapat konfirmasi lebih lanjut bahwa tingkat kepercayaan akan bisnis di AS dan Eropa membaik," kata Mitsushige Akino, pialang dari Ichiyoshi Investment Management Co di Tokyo, seperti dikutip dari laman Businessweek.

"Krisis utang Eropa mereda sementara ini, sehingga bursa saham terpengaruh terhadap ekspektasi pulihnya perekonomian," tambah dia.

Indeks acuan Asia Pacific, MSCI tercatat naik 0,8 persen menjadi 124,07 di bursa saham Tokyo, berpeluang menembus level penutupan tertinggi sejak 28 Oktober lalu.

Selain itu, saham perusahaan pertambangan ketiga terbesar dunia, Rio Tinto Group, naik 2,6 persen setelah perusahaan menyetujui rencana pembelian saham BHP Billiton Ltd 's yang bergeraka dalam usaha titanium di Afrika Selatan.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental
Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024