Pertamina Tak Perlu Izin Serap Minyak RI

Sumber :
  • Pertamina

VIVAnews - Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) mempersilakan PT Pertamina jika ingin menyerap semua minyak mentah domestik. Tidak perlu ada perubahan regulasi ataupun regulasi khusus, karena itu merupakan murni kerja sama bisnis atau Business to Business (B to B).

"Sampai saat ini tidak ada hal yang harus diubah, apa yang ada bisa dijalankan. Pada prinsipnya, tata niaga, tata kelola, legalitas, dan sebagainya sudah ready, tinggal silakan lakukan," kata Deputi Pengendalian Operasi BP Migas, Rudi Rubiandini di Jakarta, Kamis 2 Februari 2012.

Diketahui, Pertamina menyatakan keinginan kuatnya untuk menyerap minyak mentah domestik untuk menjaga ketahanan energi nasional dengan menekan impor minyak mentah yang selama ini berkisar antara 300 ribu barel per hari.

Inspirasi Membantu Sesama

Pertamina meminta dukungan regulasi bagi hasil minyak yang memberikan opsi kepada Pertamina untuk membeli minyak mentah bagian Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) asing.

"Mungkin dia (Pertamina) mau mengumumkan saja mau beli, nggak perlu regulasi khusus," katanya.

Rudi menambahkan, jika Pertamina ingin membeli minyak mentah domestik milik KKKS asing, Pertamina tinggal menggunakan skema B to B dengan mereka. "Tinggal minta harga, beli. Tapi, kan, nggak hari ini beli, besok minyaknya langsung ada," ujarnya.

Dia mengakui, selama ini Pertamina belum menyerap maksimal minyak mentah domestik karena ternyata kilang minyak milik Pertamina di Cilacap membutuhkan minyak yang berkualitas rendah. Untuk itu, Pertamina membeli minyak mentah murah yang berasal dari Arab Saudi.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

"Sedangkan minyak asal Indonesia yang harganya mahal dijual ke luar negeri, sehingga pendapatan negara meningkat," kata Rudi.

Hanya dalam kondisi terpaksa, saat ini, menurut Rudi, seperti untuk mengantisipasi kemungkinan krisis minyak bila situasi di Selat Hormuz, Iran memanas, minyak mentah domestik pun bisa dialokasikan untuk Indonesia. "Apa pun bisa dipakai (Pertamina), silakan nggak ada masalah. Nggak usah dipaksa, tinggal dibeli kok," tuturnya. (art)

Timnas Indonesia U-23

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Duel Yordania vs Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A matchday ketiga di Stadion Abdullah Bin Nasser, Minggu 21 April 2024, pukul 22.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024