Trik Jitu Redam Hasrat Makan Tengah Malam

Teknik pernapasan lubang hidung
Sumber :
  • Oprah.com

VIVAnews - Anda sering terbangun tengah malam atau sekitar jam tiga pagi, lalu tak bisa tidur kembali? Biasanya, daripada gelisah di tempat tidur menunggu mata yang tak kunjung terpejam lagi, cemilan pun dicari-cari.

Anda bisa saja makan keripik, es krim atau mi rebus di tengah malam. Hal ini, tentu bisa berdampak buruk pada berat badan. Jika tak bisa tidur dan datang hasrat makan, coba saja teknik pernapasan lubang hidung dalam yoga. Teknik ini akan membantu Anda menekan bagian dari otak yang disebut insula.

"Area otak ini, berhubungan dengan keinginan makan. Dengan melakukan teknik pernapasan nostril saat tak bisa tidur, Anda mulai dengan menenangkan pikiran yang nantinya berlanjut pada menenangkan tubuh," kata Tara Stiles, instruktur yoga dan penulis buku 'Yoga Cures' , seperti dikutip dari Oprah.com.

Ikuti saja lima langkah mudah dari teknik pernapasan lubang hidung berikut. Cara ini bisa jadi 'senjata ampuh' Anda saat sulit tidur dan datang hasrat makan.

1. Duduk bersila dan sangga punggung Anda bisa dengan bantal atau bersandar di kepala tempat tidur
2. Tutup lubang hidung kiri dengan jari manis Anda. Lalu, tarik napas secara perlahan, melalui lubang hidung kanan sebanyak empat hitungan.
3. Kemudian, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari, sehingga kedua lubang hidung ditutup.
4. Tahan napas selama empat hitungan. Lalu, lepaskan jari manis dan biarkan semua udara keluar dari lubang hidung kiri selama empat hitungan.
5. Lakukan pola yang sama untuk lubang hidung kiri. Yaitu tarik napas melalui lubang hidung kiri, tutup kedua lubang hidung dan keluarkan udara melalui lubang hidung kanan.

Anda bisa mengulangi teknik ini selama sekitar tiga sampai lima menit sampai hasrat makan Anda menghilang. Dan tentunya, bisa kembali tidur nyenyak. Selamat mencoba!

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Polisi juga akan memeriksa orangtua dari sopir truk tersebut.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024