Bank Mutiara Kembali Dijual Mulai Juli 2012

Century Bank
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews- Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Firdaus Jaelani mengatakan Bank Mutiara (dahulu bernama Bank Century) mulai ditawarkan pada Juni 2012. Bank Mutiara itu akan dilepas dengan nilai Rp6,7 triliun.

"Kira-kira awal Mei, surat minat investor sudah masuk, proses penawaran awal bisa dilakukan di Juni, proses uji tuntas bisa di lakukan di awal Juli," kata Firdaus di Kantor LPS, Jakarta, Kamis 2 Febuari 2012.

Ia menjelaskan jika proses berjalan lancar, maka pada November 2012 Bank Mutiara bisa dilepas. Investor yang berminat harus melalui berbagai tahapan seperti menyerahkan minat dari calon investor, menyerahkan penawaran awal oleh calon investor, uji tuntas hingga proses negosiasi dan penilaian dan penetapan calon pemenang.

Firdaus menjelaskan jika mengacu kepada UU LPS, dalam kurun waktu 3 tahun setelah bank ditengangi LPS maka harga Bank Mutiara masih senilai Rp6,7 triliun. Harga itu sesuai dengan penyertaan modal sementara (PMS) yang diberikan oleh LPS. "Namun jika selama lima tahun belum laku, LPS boleh menjual harga di luar harga PMS, tentunya dipilih dengan harga dan penawaran terbaik," ujarnya.

Ia menjelaskan LPS bersama Danareksa akan melakukan sejumlah road show untuk menawarkan Bank Mutiara. Road show itu dilakukan ke beberapa negara seperti Eropa, Timur Tengah dan Asia. Ketika ditanya mengapa memilih Eropa padahal saat ini dilanda krisis, Firdaus menjelaskan masih ada sejumlah investor yang ingin menanamkan modalnya ke luar negeri seperti Indonesia. "Ada investor yang terpengaruh krisis ada yang tidak," ujarnya. (eh)

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024