Citilink Siap Rekrut 21 Pilot Asing

Pesawat Citilink dengan motif baru
Sumber :

VIVAnews - Maskapai penerbangan yang merupakan anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk, Citilink, berniat merekrut 21 pilot asing hingga April 2012.

"Sekarang sudah ada enam pilot asing yang sedang training. Targetnya 21 pilot sampai akhir April," kata Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 2 Februari 2012.

Elisa menuturkan, untuk saat ini, jumlah pilot lokal yang dimiliki Citilink mencapai 105 pilot. Nantinya, hingga akhir Juni akan ada 150 pilot dengan komposisi pilot lokal dan asing.

Alasan perusahaan merekrut pilot asing, menurut dia, karena Citilink membutuhkan pilot-pilot yang sudah mempunyai jam terbang tinggi. Sementara itu, pilot lokal masih belum banyak yang mempunyai kualifikasi itu.

"Pilot asing mau juga dibayar dengan gaji lokal. Tapi, kami masih kekurangan pilot lokal. Kalau pun ada, perlu training dan prosesnya butuh 3-6 bulan," ungkapnya.

Sementara itu, untuk rute penerbangan, Elisa menjelaskan, pada 2012, Citilink akan menambah tiga rute baru yaitu Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Pekanbaru, dan Jakarta-Padang. "Lainnya tambah frekuensi saja," kata Elisa.

Saat ini, Elisa melanjutkan, Citilink mempunyai delapan rute dan akan ditambah tiga rute penerbangan pada semester kedua 2012. Sementara itu, untuk frekuensi terdapat 32 penerbangan per hari dan akan ditingkatkan menjadi 64 penerbangan pada akhir 2012.

Pernah Jadi Kontroversi, Pose Song Joong Ki di Karpet Merah Baeksang Awards jadi Sorotan

"Per April ini kira-kira 40 frekuensi per hari," katanya. "Semua bersinggungan dengan Lion Air, justru itu yang direncanakan," tambahnya.

Elisa melanjutkan, hingga akhir 2011, jumlah penumpang Citilink mencapai 1,65 juta atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya 400 ribu penumpang. "Itu dengan enam pesawat menjadi delapan pesawat. Target tahun ini mencapai 4,5 juta," tuturnya. (art)

Ahli memberi keterangan di Sidang Praperadilan Panji Gumilang

Sebut Penetapan Tersangka Panji Gumilang Tidak Sah, Pengacara Beberkan Alasannya

Dalam sidang Praperadilan di PN Jakarta Selatan pada hari Selasa, 7 Mei 2024, Pihak Panji Gumilang menghadirkan 9 saksi, yang di antaranya 4 saksi ahli dan 5 saksi fakta.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024