Jakarta Dapat Tambahan Pasokan Listrik

Ilustrasi gardu listrik.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - PT PLN (Persero) selesai membangun Sirkuit Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Lontar-New Tangerang. Hal itu membuat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar, Banten yang berkapasitas 3x315 Megawatt mampu memasok listrik sekitar 300 Mw ke daerah Jakarta.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto menjelaskan tambahan daya sebesar 300 MW ini menjadikan sistem listrik Jakarta semakin handal karena menjadikan cadangan daya yang tersedia menjadi
lebih besar.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

"Beban puncak listrik Jakarta dan Tangerang saat ini sekitar 5.800 MW yang dipasok dari beberapa pembangkit dan gardu induk," ujarnya dalam siaran pers, Kamis 2 Februari 2012.

Pengurangan BBM

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Ia menjelaskan selain menambah kehandalan pasokan, kiriman listrik dari PLTU Lontar ini sangat besar artinya bagi pengurangan konsumsi BBM yang digunakan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang.

Nanti pada saat 3 unit PLTU Lontar beroperasi, ketiganya mampu menghasilkan daya listrik sebesar 500 MW. Daya sejumlah ini dapat menggantikan listrik yang dihasilkan oleh PLTGU & PLTU Muara Karang. Hal ini sekaligus menjadikan PLN mampu membuat penghematan di sisi pemakaian energi primer.

Menurutnya dengan tambahan pasokan listrik dari PLTU Lontar maka sebagian PLTGU dan PLTU Muara Karang yang selama ini dioperasikan dengan bahan bakar minyak (BBM) dapat diistirahatkan.

"Pada saat nanti 3 unit PLTU Lontar beroperasi maka akan bisa memasok Jakarta sekitar 500 MW. Hal ini akan dapat menghemat pemakaian BBM sekitar Rp 488 miliar per bulan," katanya. (ren)

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024