Garuda: Tak Ada IPO Anak Usaha Tahun Ini

Garuda Indonesia Go Public
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kendati Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengusung salah satu anak usahnya menggelar penawaran umum perdana saham (IPO), manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memastikan aksi korporasi itu tak akan terjadi pada tahun ini.

"IPO anak usaha kemungkinan tidak, tetapi keputusan ini memang belum final ya," kata Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan, di Jakarta, 2 Februari 2012.

Sebagai informasi, salah satu anak usaha Garuda yang diusung untuk menggelar IPO adalah PT GMF AeroAsia. Kementerian pun telah memanggil Garuda Indonesia soal kesiapannya.

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?

"Ada surat dari Kementerian BUMN yang belum kami jawab," ujar Elisa seraya menyatakan bahwa Menteri BUMN Dahlan Iskan menyerahkan keputusan IPO pada manajemen Garuda.

Elisa beralasan, selama ini hampir 70 persen pendapatan yang dihasilkan GMF Aero Asia masih berasal dari pesawat-pesawat Garuda. Untuk IPO, lanjut Elisa, setidaknya perusahaan perawatan pesawat itu harus memperoleh 50 persen pendapatannya dari luar Garuda.

Terhadap anak usahanya itu, Elisa menegaskan langkah IPO bukanlah tujuan yang ingin ditempuh dalam waktu dekat ini. Maskapai pelat merah ini mengaku  masih ingin membesarkan GMF lebih baik lagi.

Anies dan Cak Imin Kompak Datang ke KPU: Kita Hormati Proses Bernegara

Anak Usaha Lain

Kalaupun pemerintah mendesak agar salah satu anak usaha Garuda melepas saham ke publik, Elisa mengusulkan agar kesempatan itu diberikan kepada PT Aero Catering Service. Manajemen Garuda pun telah mengusulkan rencana tersebut ke kementerian. "Kalau memang jadi tahun ini, kami mengusulkan ACS," kata dia.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Jenis dan Bahaya Napza Bikin Melongo!

Awalnya, Garuda memprediksi perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan makanan itu dapat menggelar IPO pada kuartal keempat tahun ini. Namun jika boleh dipersiapkan lebih matang lagi, manajemen memilih untuk menggelar IPO  pada awal 2013.

Pemilihan ACS dikarenakan manajemen Garuda melihat munculnya euforia kenaikan peringkat investasi Indonesia. Hal ini diperkirakan membuat dana asing yang mengalir ke Indonesia akan semakin banyak.

Selain itu, ACS juga sudah bisa mengandalkan pendapatan perusahaan di luar Garuda Indonesia. (ren)

Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Meski TikToker Galih Loss minta maaf atas konten berbau penodaan agama yang dibuat, polisi menegaskan proses hukum terhadap apa yang dilakukan Galih tetap berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024