Meski Terkoreksi, IHSG Masih Kuat di 4.000

Mencermati pergerakan saham
Sumber :
  • www.geckoandfly.com

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia kembali melemah saat mengawali perdagangannya hari ini, Jumat 3 Februari 2012. Meski terkoreksi, posisi indeks masih kuat bercokol di teritori psikologisnya, 4.000.

IHSG dibuka turun ke level 4.016,63, melanjutkan pergerakan prapembukaan pagi tadi yang melemah 3,32 poin atau 0,08 persen ke posisi 4.013,57. Sementara itu, pada perdagangan kemarin, indeks berhasil menembus level 4.000 setelah ditutup naik 51,92 poin atau 1,30 persen di posisi 4.016,90.

Menurut analis PT BNI Securities, Maxi Liesyaputra, pelemahan IHSG di akhir pekan ini wajar terjadi karena pergerakannya diikuti sejumlah sentimen negatif di bursa global maupun regional seperti indeks Dow Jones yang turun 11 poin atau 0,09 persen dan sentimen dari kawasan Uni Eropa yang belum menunjukkan perkembangan berarti.

"Beberapa bursa regional Asia Pasifik seperti Nikkei dan Seoul Composite yang mengalami koreksi pagi ini turut memberikan efek negatif," kata dia dalam laporan risetnya kepada VIVAnews.com di Jakarta, Jumat 3 Februari 2012.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Maxi menambahkan, indeks juga terlihat rawan aksi ambil untung atau profit taking investor setelah mengalami kenaikan signifikan selama tiga hari perdagangan berturut-turut.

"Meski cenderung melemah, IHSG akan bergerak pada kisaran 3.995 sampai 4.030," tuturnya.

Sementara itu, saham Asia dan mata uang utama dunia sedikit menurun pada transaksi Jumat ini menjelang keluarnya data pengangguran di Amerika Serikat. Data ini merefleksikan kesehatan ekonomi terbesar di dunia.

Seperti dikutip dari kantor berita Reuters, indeks MSCI dari saham-saham Asia-Pasifik selain Jepang hari ini turun 0,1 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang dibuka turun rata-rata 0,3 persen. Lengkapnya silakan buka tautan ini. (art)

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?
Chandrika Chika.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

Poppy Putry, ibu Selebgram Chandrika Chika mengungkap kondisi putrinya saat ini sedang down usai ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024