Jero: Sesama Bupati Jangan Rebutan Lahan

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik,
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Energi Sumber Daya MineralĀ  Jero Wacik, Jumat, 3 Februari 2012, membuat surat edaran kepada 16 gubernur untuk menyelesaikan permasalahan tumpang tindih lahan pertambangan.

"Saya sudah buat edaran kepada seluruh gubernur agar gubernur memanggil bupati-bupati yang daerahnya ada masalah untuk dianalisa dan mencari jalan keluar," kata Jero di Jakarta.

Jero menjelaskan, masalah tumpang tindih lahan pertambangan paling banyak berada di Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Tumpang tindih ini dari berbagai komoditas, mulai dari emas, nikel, hingga batu bara.

Dalam pertemuan dengan 16 gubernur hari ini, Jero mengarahkan kepada seluruh gubernur untuk memberi tahu bupati agar bekerjasama dengan sesama bupati, serta masyarakat, Jero mengkritik kepala daerah yang tidak bisa bekerjasama karena rebutan lahan tambang.

"Masa sesama bupati tak bisa bekerjasama? Jangan anggap (wilayah lain) seperti negara lain, pembagian seperti perbatasan," katanya. "Kalau dengan Malaysia, Australia, merebut lahan satu jengkal, kita bela. Kalau sesama provinsi ya rukun-rukun, sama-sama satu negara kok." (eh)

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024