Kembangkan Bisnis, Garuda Butuh Rp31 Triliun

Pesawat Baru Garuda Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Deffa

VIVAnews - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengungkapkan bahwa untuk pengembangan bisnis perseroan membutuhkan dana US$5,3 miliar atau setara Rp31,53 triliun hingga 2015.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Salah satu kebutuhannya adalah peningkatan target pembelian pesawat hingga tiga tahun ke depan.

"Jumlah dana yang di butuhkan oleh Garuda untuk pengembangan bisnis sampai 2015 totalnya US$5,3 miliar. Paling tinggi tahun depan itu US$1 miliar," kata Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan dalam konferensi pers usai RUPSLB di Garuda City, Cengkareng, Banten, Jumat 3 Februari 2012.

Salah satu kebutuhan pengembangan bisnis itu, lanjut Elisa, adalah penambahan jumlah armada hingga 2015 mencapai 77 unit, sehingga total pesawat yang dioperasikan nantinya berjumlah 194 unit.

Dia menuturkan, untuk pengembangan armada yang sejalan dengan ekspansi Garuda itu akan menggunakan sisa dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) sebesar Rp1,378 triliun.

"Mungkin, paling lambat kuartal IV tahun ini akan mencari pendanaan dari bank US$200 juta, untuk menambah pre-delivery payment," ungkapnya.

Elisa menyebutkan, untuk tahun ini perseroan membutuhkan dana pengembangan pesawat sebesar US$430 juta dan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp1,4 triliun.

Kebutuhan dana tersebut akan didapat dari cash inflow sebesar Rp2,7 triliun dan sisa dana IPO sebesar Rp1,7 triliun. Sisa kekurangan dana akan ditutupi dari pinjaman perbankan sebesar US$200 juta. "Dana IPO yang tadinya direncanakan habis pada 2014, kita akan percepat penggunaan dana pada tahun ini," ujarnya.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir
Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Kulit adalah salah satu organ terbesar tubuh kita dan merupakan perlindungan utama terhadap lingkungan luar. Namun, ada beberapa makanan yang memengaruhi kulit seseorang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024