Es Eksotis Indonesia

es puter
Sumber :

VIVAnews - Kenangan manis berupa es puter yang dijual keliling, mewarnai daftar jajanan masa kecil. Saat mendengar suara tung..tung... anak-anak berlarian ke luar rumah untuk memanggilnya.

Biasanya es ini dijajakan keliling dengan gerobak. Untuk menikmatinya bisa dengan jepitan roti tawar atau dengan cone yang warna-warni. Kemudia biasanya diberi taburan meises atau susu cokelat.

Es puter berbeda dengan es krim milik negara tetangga. Rasanya manis tetapi ada rasa gurih, dan teksturnya sedikit kasar. Ini karena es puter terbuat dari santan bukan susu, dan pembuatannya juga masih menggunakan tenaga manual bukan mesin.

Jika diperhatikan ada sedikit rasa asin pada saat menikmatinya. Hal ini dikarenakan, pada saat membuatnya menggunakan bantuan garam laut. Garam di letakan disekeliling luar dinding termos es, kemudian diputer. Ini menjadi alasan kenapa es ini dinamakan es puter.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Timnas Qatar U-23 rayakan gol lawan Timnas Indonesia U-23

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024