Data Pekerjaan AS Naik, Saham Asia Menguat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG),
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews- Saham Asia menguat pada Senin akibat data pekerjaan Amerika yang mengalami kenaikan. Kondisi ini dibayangi kekhawatiran pembicaraan penyelesaian restrukturisasi utang Yunani belum ada kemajuan.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,6 persen atau tertinggi lebih dari lima bulan, setelah indeks mencatatkan kenaikannya berturut-turut pekan lalu. Indeks Nikkei dibuka naik 1,2 persen.

Penutupan saham pada Jumat menguat karena sentimen data lapangan kerja yang jauh melebihi harapan pada bulan lalu dan akselerasi yang mengejutkan di sektor jasa Amerika yang naik tinggi hampir setahun. Sementara di zona euro, perekonomian sektor swasta terus diperluas pada Januari untuk pertama kalinya sejak Agustus, meningkatkan harapan kawasan untuk menghindari resesi.

Namun masalah Yunani tetap menjadi daya tarik kondisi utama yang dituntut oleh "Troika" mewakili Yunani Uni Eropa, bank sentral Eropa dan dana IMF. Athena harus mengatakan kepada Uni Eropa apakah mereka dapat menerima persyaratan kesepakatan bailout baru pada Senin. Tanpa kesepakatan, Athena akan menuju default.

"Sampai Yunani diselesaikan, sulit untuk mendapatkan kejelasan meski adanya berita data Amerika yang lebih baik," ujar chief investment strategist Russle Investment Asia Pacific Andrew Pease seperti yang dikutip dari Reuters.

Sementara itu harga emas naik tipis 0,3 persen menjadi US$1.730 per ons setelah jatuh 1 persen pada Jumat, pada saat data pekerjaan diumumkan. Hal ini memutus harapan pemberian stimulus dari Federal Reserve.

Sementara itu indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka naik 13,25 poin (0,33 persen) ke level 4.029,20. Selama sepekan IHSG terus mengalami kenaikan. (eh)

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week
Kegiatan talkshow Kemenkominfo

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan” pada tanggal 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024