53 Hakim Agung Berpeluang Jadi Ketua MA

Gedung Mahkamah Agung
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Jabatan Harifin Andi Tumpa sebagai Ketua Mahkamah Agung akan segera berakhir. Pemilihan Ketua MA pun akan digelar pada Rabu 8 Februari 2012. Bagaimana mekanisme pemilihannya?

Menurut Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga MA, David Simanjuntak, mekanisme pemilihannya adalah seluruh Hakim Agung memiliki hak untuk dipilih dan memilih Ketua MA. "Jumlah Hakim Agung sekarang ada 54, termasuk ketua," kata David, kepada VIVAnews.com, Selasa 7 Februari 2012.

David menjelaskan, penentuan siapa yang bakal menjadi Ketua MA akan diputuskan jika salah satu calon meraih 50 persen + 1 suara. "Kalau di bawah itu, akan ada putaran kedua," ujarnya.

Siapa saja kandidat terkuat? David enggan menyebutkannya. "Wah saya nggak bisa ngomong, semua kesempatannya sama karena setiap Hakim Agung berhak dipilih dan memilih, saya nggak tahu," ujarnya.

Ketua MA, Harifin Tumpa pada 1 Maret 2012 akan memasuki masa pensiun. Harifin akan memasuki usia 70 tahun atau batas pensiun seorang hakim.

Sebelumnya, Ketua Muda Pidana Khusus MA, Djoko Sarwoko, mengungkapkan ada 11 kandidat yang berpeluang menggantikan posisi Harifin Tumpa. Mereka adalah Wakil Ketua MA bidang Yudisial Abdul Kadir Mappong, Wakil Ketua MA bidang Non-Yudisial Ahmad Kamil, Ketua Muda Tata Usaha Negara (TUN) Paulus Effendi Lotulung, Ketua Muda Pidana Umum Artidjo Alkostar, dan Ketua dan Muda Agama Andi Syamsu Alam.

Nama, lainnya adalah Ketua Muda Perdata Atja Sodjadja, Ketua Muda Perdata Khusus Mohammad Saleh, Ketua Muda Militer Imron Anwari, Ketua Muda Pembinaan Widayatno Sastro Hardjono, dan Ketua Muda Pengawasan Hatta Ali.

Namun, dari 11 nama itu, Djoko mengaku ada 2 nama yang menjadi kandidat kuat menggantikan Harifin. Mereka adalah Ahmad Kamil dan Hatta Ali.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini
Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Gaza

340 Mayat Ditemukan di Rumah Sakit Gaza yang Hancur, PBB Menuntut Penyelidikan Independen

Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa 23 April 2024 menyerukan penyelidikan internasional terhadap laporan kuburan massal di dua rumah sakit Gaza yang hancur

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024