KY Tak Diundang Pantau Pemilihan Ketua MA

Mahkamah Agung
Sumber :
  • www.mahkamahagung.go.id

VIVAnews - Pemilihan Ketua Mahkamah Agung baru akan digelar Kamis 8 Februari 2012. Ketua Mahkamah Agung terpilih akan menggantikan posisi Harifin Andi Tumpa yang akan pensiun 1 Maret 2012.

Meski demikian, sampai hari ini Komisi Yudisial belum mendapatkan undangan untuk menghadiri dan memantau proses pemilihan tersebut.

"Sampai hari ini saya tidak mendapatkan undangan. Dugaan saya nggak ada undangan itu karena ini paripurna khusus, terbatas, dan tertutup," kata Komisioner Komisi Yudisial Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi, Suparman Marzuki kepada VIVAnews.com, Rabu 7 Februari 2012.

Suparman memaklumi kalau Mahkamah Agung tidak mengundang Komisi Yudisial dalam pemilihan ketua MA tersebut. "Meskipun sebaiknya Komisi Yudisial diundang supaya prosesnya bisa dipastikan berlangsung akuntable," ujarnya.

Suparman mengaku Komisi Yudisial tidak memiliki rekam jejak dan catatan khusus para kandidat calon ketua MA.

"Yang jelas kalau Pak Hatta Ali yang disebut-sebut sebagai salah satu calon, dia memang produk Komisi Yudisial. Dia menjadi hakim agung melalui proses di Komisi Yudisial. Calon yang lain tidak. Komisi Yudisial masih menyimpan rekam jejak Hatta melalui CV dan laporan masyarakat," ungkapnya.

Lantas siapa yang akan memantau proses pemilihan Ketua MA agar berlangsung bersih dan akuntable? "Yang mantau Tuhan, kita semua. Itu sulitnya. Pertanyaan Anda, juga pertanyaan saya," ujar Suparman.

Sebelumnya, Ketua Muda Pidana Khusus MA, Djoko Sarwoko, mengungkapkan ada 11 kandidat yang berpeluang menggantikan posisi Harifin Tumpa. Mereka adalah Wakil Ketua MA bidang Yudisial Abdul Kadir Mappong, Wakil Ketua MA bidang Non-Yudisial Ahmad Kamil, Ketua Muda Tata Usaha Negara (TUN) Paulus Effendi Lotulung, Ketua Muda Pidana Umum Artidjo Alkostar, dan Ketua dan Muda Agama Andi Syamsu Alam.

Nama, lainnya adalah Ketua Muda Perdata Atja Sodjadja, Ketua Muda Perdata Khusus Mohammad Saleh, Ketua Muda Militer Imron Anwari, Ketua Muda Pembinaan Widayatno Sastro Hardjono, dan Ketua Muda Pengawasan Hatta Ali.

Namun, dari 11 nama itu, Djoko mengaku ada 2 nama yang menjadi kandidat kuat menggantikan Harifin. Mereka adalah Ahmad Kamil dan Hatta Ali. (umi)

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang
Mykhaylo Mudryk

Bom Transfer Arsenal! Arteta Siap Rekrut Bintang Chelsea Idamannya

Arsenal memanfaatkan kesempatan. Mikel Arteta dikabarkan ingin mendatangkan pemain sayap baru di jendela musim panas dan dikenal sebagai pengagum Mykhaylo Mudryk.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024