Kunci Tetap Lincah di Usia Renta

Teh hijau
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Tetap sehat di usia lanjut bukan mustahil. Mereka yang menginjak usia 60-an tetap bisa aktif secara fisik. Salah satu cara mudah mewujudkannya adalah mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Menurut penelitian Universitas Tokyo terhadap 14 ribu pria dan wanita berusia di atas 65 tahun, mengonsumsi teh hijau sebanyak lima cangkir setiap hari dapat memotong potensi kelumpuhan.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis pola makan dan minum responden, serta mengumpulkan catatan kesehatannya. Hasilnya memperlihatkan kesimpulan bahwa semakin banyak konsumsi teh hijau, responden semakin aktif dan mandiri.

Seperti diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang mengonsumsi teh hijau setidaknya lima cangkir sehari memiliki risiko lumpuh 33 persen lebih kecil, dibandingkan mereka yang tak mengonsumsinya. Sementara itu, konsumsi 3-4 cangkir sehari memotong risiko lumpuh 25 persen.

Penelitian yang dilakukan itu menunjukkan, peminum teh hijau memiliki kesehatan yang lebih baik, karena mereka juga cenderung menerapkan diet sehat, tidak merokok, dan berpendidikan lebih baik.

Responden yang rutin meminum teh hijau cenderung mengonsumsi lebih banyak ikan, sayuran, dan buah. Tak hanya itu, mereka memiliki kesehatan mental yang lebih baik, dan lebih aktif dalam kegiatan sosial.

Tidak jelas apakah meminum teh hijau dapat mendorong perilaku hidup sehat. Yang pasti, teh hijau mengandung polifenol, bahan kimia tanaman yang dapat memangkas kolesterol dan melindungi DNA dari kerusakan. (art)

Brutalnya Israel, Mayat Warga Palestina Ditemukan di RS Nasser dengan Kondisi Telanjang & Diborgol
iLUSTRASI PERANG DUNIA.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Iran melakukan serangan balasan terhadap Israel pada malam Sabtu, 13 April 2024 lalu. IDF (Pasukan Pertahanan Israel). Jika perang dunia apakah kiamat akan terrjadi?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024