Gita Wirjawan Tak Tahu Siapa Yawadwipa

Kunjungan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan mengaku belum mengetahui siapa Yawadwipa Companies yang ingin membeli Bank Mutiara sekitar Rp6,75 triliun.

"Saya belum pernah ketemu, tapi lawyer-nya namanya Singgih (Prasetyo Singgih). Mereka memang memperkenalkan Yawadwipa itu ke saya dan mereka meminta keterangan kepada saya mengenai makronya Indonesia." kata Kepala BKPM,  Gita Wirjawan disela acara Jakarta Food Security Summit 2012 di JCC, Jakarta, Selasa 7 Februari 2012.

Gita menjelaskan memang perusahan Yawadwipa ingin membuka perusahaan private equity dan melakukan investasi di Indonesia. "Tapi tidak sama sekali menyinggung ingin membeli Bank Mutiara." kata Gita.

Namun Gita mendukung upaya Yawadwipa yang berniat untuk membeli Bank Mutiara melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Namun siapa penawar tertinggi nantinya dia yang akan menjadi pemenang.

Yawadwipa menyatakan minatnya ingin membeli Bank Mutiara sebesar US$750 juta atau Rp6,7 triliun. Angka ini sama dengan pemberian penyertaan modal sementara (PMS) oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sementara itu Lembaga Penjamin Simpanan sendiri belum menerima permintaan minat secara resmi dari Yawadwipa Companies terkait pembelian PT Bank Mutiara Tbk. Kepala Eksekutif LPS, Firdaus Djaelani, mengatakan, jika Yawadwipa berminat membeli Bank Mutiara, LPS akan menunggu hingga April 2012 dalam periode penjualan tahap kedua. LPS sendiri kembali membuka penjualan Bank Mutiara mulai 1 Februari hingga April 2012. (eh)

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Salah satu tantangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka nanti adalah persoalan konflik di Papua. Jusuf Kalla yang pernah tangani konflik Aceh, ikut memberi saran

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024