MA Pilih Ketua Baru Pagi Ini

Gedung Mahkamah Agung
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mahkamah Agung mencari ketua baru. Menggantikan  Harifin Andi Tumpa yang akan memasuki masa pensiun pada bulan ini.
"Pemilihan dimulai pukul 8.00," kata Kabag Humas MA, Andri, kepada VIVAnews.com, Rabu 8 Februari 2012.

Harifin Tumpa akan memasuki masa pensiun pada 23 Februari 2012. Pada hari itu Hakim Agung kelahiran Soppeng ini akan memasuki usia 70 tahun. Dia akan resmi menanggalkan toga hakim pada 1 Maret 2012.

Sebelumnya, Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga MA, David Simanjuntak, menjelaskan mekanisme pemilihan ketua pengadilan tertinggi di Indonesia ini. Seluruh Hakim Agung, katanya, memiliki hak untuk dipilih dan memilih. "Jumlah Hakim Agung sekarang ada 54, termasuk ketua," kata David, kepada VIVAnews.com.

David menjelaskan, penentuan siapa yang bakal menjadi Ketua MA akan diputuskan jika salah satu calon meraih 50 persen + 1 suara. "Kalau di bawah itu, akan ada putaran kedua," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Muda Pidana Khusus MA, Djoko Sarwoko, mengungkapkan ada 9 kandidat yang berpeluang menggantikan posisi Harifin Tumpa. Mereka adalah Wakil Ketua MA bidang Yudisial Abdul Kadir Mappong, Wakil Ketua MA bidang Non-Yudisial Ahmad Kamil, Ketua Muda Tata Usaha Negara (TUN) Paulus Effendi Lotulung, Ketua Muda Pidana Umum Artidjo Alkostar, dan Ketua dan Muda Agama Andi Syamsu Alam.

Nama, lainnya adalah Ketua Muda Perdata Atja Sodjadja, Ketua Muda Perdata Khusus Mohammad Saleh, Ketua Muda Militer Imron Anwari, Ketua Muda Pembinaan Widayatno Sastro Hardjono, dan Ketua Muda Pengawasan Hatta Ali.

Namun, dari 11 nama itu, Djoko mengaku ada 2 nama yang menjadi kandidat kuat menggantikan Harifin. Mereka adalah Ahmad Kamil dan Hatta Ali. Ahmad Kamil pun sudah menyatakan diri untuk maju memperebutkan kursi Ketua MA.

Religion Ministry Issues 75 thousand Visas for Indonesian Hajj Pilgrims
Timnas Indonesia

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

 Media asing asal Prancis, Lucarne-opposee memberi julukan khusus bagi Timnas Indonesia usai tampil gemilang di Piala Asia U23.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024