Setelah Naik Tajam, Emas Melandai

emas
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAnews - Harga emas sedikit melandai pada Rabu, 8 Februari 2012, setelah menguat tajam pada perdagangan Selasa. Investor masih berhati-hati menyusul belum selesainya perdebatan keputusan pemberian dana talangan (bailout) untuk Yunani.

Kantor berita Reuters melaporkan, harga emas spot di Singapura naik tipis 29 sen menjadi US$1.745,19 per ons, setelah reli 1,5 persen pada sesi sebelumnya. Sementara itu, di Divisi Comex New York Mercantile Exchange, harga emas pengiriman April bergerak datar di level US$1.748,50.

Politisi Athena belum menunjukkan tanda sepakat terhadap langkah penghematan besar-besaran untuk paket bailout kedua. Mereka meminta penundaan batas waktu pembicaraan hingga Rabu waktu setempat.

Padahal, kegagalan mengamankan paket penyelamatan sebesar 130 miliar euro bisa mendorong Yunani dalam kekacauan dan mengancam stabilitas zona euro secara keseluruhan.

Meskipun demikian, harapan kesepakatan telah membantu untuk mengirim euro ke level tertinggi dalam delapan pekan terhadap dolar AS. Harga komoditas pada Selasa juga terangkat, di tengah ketidakpastian perundingan bailout. Nilai tukar euro terhadap dolar berada pada US$1,3258.

Perak di pasar spot diperdagangkan turun 0,06 persen ke level US$34.12, dan masih membukukan keuntungan 23,22 persen sejak awal 2012. Sementara itu, harga perak berjangka pengiriman Maret di Divisi Comex melemah 0,11 persen ke posisi US$34.16, atau masih menguat 22,35 persen sejak 1 Januari 2012. (art)

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

PDIP masih berjaya di Pileg 2024 sehingga kursi Ketua DPR otomatis jadi jatahnya. PDIP masih bisa memainkan peran yang taktis di parlemen DPR untuk jaga marwah politiknya

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024