Cuka Apel, Si 'Obat' Asam

Cuka apel
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Satu lagi ramuan alami yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi masalah kesehatan ringan, yaitu cuka apel. Hasil fermentasi dari buah apel ini diketahui memiliki banyak manfaat.

Menurut penelitian John Institute for Cancer Research, asam asetat yang terdapat pada cuka apel bisa mematikan sel kanker. Asam tersebut, seperti dilansir dari Reader's Digest, berfungsi menahan asupan energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

5 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigit Tangan Pemiliknya

Tak hanya itu saja, masih ada manfaat cuka apel lain, yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi kelelahan
Olahraga dan stres ekstrim akan membuat penimbunan asam laktat dalam tubuh yang memicu kelelahan. Asam amino yang terdapat pada cuka apel ini, bertindak sebagai penangkal asam laktat.

Gabungan asam amino, kalium dan enzim yang terdapat di dalamnya dapat meredakan kelelahan dengan lebih efektif. Jadi, ketika Anda merasa sangat kelelahan, minum campuran segelas air dengan dua sendok cuka apel.

2. Membuat gigi lebih putih
Ingin membuat gigi lebih terlihat bersih? Cobalah berkumurlah dengan cuka apel di pagi hari. Cuka membantu membuang noda, memutihkan gigi dan membunuh bakteri di mulut serta gusi. Setelah berkumur, baru sikat gigi Anda seperti biasa.

3. Mengatasi diare
Anda juga bisa meminum campuran air hangat dengan dua sendok makan cuka apel, saat mengalami diare. Jika diare disebabkan infeksi bakteri, cuka apel dapat meredakan, karena sifat antibiotiknya.

4. Kram kaki tengah malam
Kalau kaki Anda sering kram di tengah malam, minumlah campuran air hangat, satu sendok teh madu dan dua sendok makan cuka apel. Ramuan ini cukup efektif meredakan kram.

5. Tenggorokan gatal

Saat Anda baru mulai merasakan gatal di tenggorokan, segera berkumur dengan air cuka apel setiap satu jam. Dengan cara ini, bakteri pemicu gatal di tenggorokan bisa segera mati, sehingga keluhan tak semakin parah.

Cerita Ajudan soal Pertemuan Syahrul Yasin Limpo dengan Firli Bahuri di Villa Galaxy Bekasi
Pengemudi Fortuner arogan ngaku adik Jenderal pakai pelat nomor palsu.

Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal TNI Jadi Tersangka

Pria pengemudi mobi Fortuner itu heboh mengaku dinas di TNI dan adik dari seorang jenderal TNI. Tersangka juga memakai pelat dinas palsu TNI.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024