BI Rate Turun Jadi 5,75%

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5,75 persen. Sebelumnya, BI mempertahankan BI Rate sebesar 6 persen sejak November 2011.

Dalam siaran persnya, BI mengatakan kebijakan itu diambil untuk mendorong perekonomian Indonesia di tengah turunnya ekonomi global. BI akan mewaspadai risiko ekonomi global, dampak kebijakan pemerintah di bidang energi, dengan menerapkan bauran kebijakan moneter dan makro dalam pengelolaan ekonomi makro secara keseluruhan.

Dengan turunnya BI Rate, suku bunga overnight juga turun 25 bps, yaitu batas bawah untuk fasilitas simpanan overnight sebesar 3,75 persen dan batas atas fasilitas pinjaman overnight sebesar 6,75 persen.

Dewan Gubernur BI mencermati prospek ekonomi global yang terus menurun seiring krisis Eropa yang masih berlangsung. Pertumbuhan ekonomi dunia pada 2012 diperkirakan rata-rata 3,3 persen. Hal ini akan berdampak pada perdagangan global yang menurun dan berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia.

BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan I-2012 sebesar 6,5 persen. Sementara itu, untuk keseluruhan 2012, pertumbuhan ekonomi diperkirakan mencapai batas bawah dari perkiraan yaitu 6,3-6,7 persen.

Inflasi juga diperkirakan terus menurun jika tidak ada kebijakan pemerintah di bidang energi. Inflsasi Januari 2012 mencapai 3,65 persen atau lebih rendah dibanding bulan sebelumnya. (art)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024