Wapres Minta Exxon Percepat Produksi Cepu

Exxon Profit
Sumber :
  • Getty Images

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono meminta perusahaan minyak asal Amerika Serikat, Exxon Mobil Corporation, untuk mempercepat produksi di Blok Cepu. Permintaan itu untuk mencapai target produksi minyak rata-rata 1,01 juta barel per hari pada 2014.

"Wapres senang melihat ini, tapi kalau bisa dipercepat produksinya," kata Juru Bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 9 Februari 2012.

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Hari ini, Wapres menerima Senior Vice President Exxon Mobil Corporation, Mark W Albers. Dalam pertemuan di Kantor Wakil Presiden itu, Exxon Mobil di antaranya juga melaporkan perkembangan terakhir eksplorasi Blok Cepu.

Yopie mengungkapkan, dalam pertemuan itu dilaporkan bahwa proses pengelolaan Blok Cepu berjalan lancar, meski ada beberapa hambatan yang belum selesai. Terutama menyangkut izin mendirikan bangunan (IMB) dari pemerintah daerah. "Ini menjadi kewenangan pemerintah daerah," katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, berusaha untuk memfasilitasi proses ini. "Supaya pemda menyadari betul ada kepentingan nasional untuk seluruh bangsa, jangan sampai proses perizinan menghambat," katanya.

Yopie menambahkan, Blok Cepu memiliki posisi strategis untuk memenuhi target produksi minyak siap jual atau lifting. "Lifting ini sekarang masih di bawah target. Penyelesaian Blok Cepu untuk pencapaian produksi optimum sangat krusial," tuturnya.

Pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2012 tentang peningkatan produksi minyak bumi nasional paling sedikit rata-rata 1,01 juta barel per hari pada 2014. Inpres itu telah ditandatangani Presiden pada 10 Januari 2012.

Sementara itu, Vice President Exploration and External Relation Exxon Mobil Indonesia, Asep Sulaeman, juga mengatakan hal senada. "Pertemuan ini cuma menyampaikan update terkait Blok Cepu," kata Asep Sulaeman, usai pertemuan.

Delegasi Exxon Mobil lainnya yang hadir dalam pertemuan itu adalah Vice President Asia Pacific Middle East Mike Cousins dan President Director and General Manager Afiliasi Exxon Mobil di Indonesia Richard J Owen. (art)

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang
Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024