BI: Pembatasan BBM, Inflasi Sesuai Target

Bank Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Bank Indonesia menilai angka inflasi masih terkendali meski ada kebijakan baru subsidi BBM yang ditetapkan oleh pemerintah. Jika skenarionya adalah pembatasan subsidi BBM, BI percaya angka inflasi tetap sesuai dengan target.

Namun jika pemerintah memilih kenaikan harga BBM, kata Gubernur BI Darmin Nasution, inflasi akan tergantung seberapa besar kenaikan harganya. Namun BI menduga kenaikan harga BBM  tidak akan terlalu besar.

"Kalau pembatasan kenaikan harga yang ditempuh, sangat tergantung berapa kenaikan harganya? Kita tidak memperkirakan kenaikan harga itu tidak terlalu besar sehingga gambaran inflasi masih sesuai target kita," ujar Darmin di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat 10 Febuari 2012.

Di tempat sama Deputi Gubernur BI Hartadi A Sarwono mengatakan secara keseluruhan inflasi masih bisa sesuai dengan target BI. Namun angka itu belum termasuk kebijakan subsidi BBM.

"Kita belum bisa hitung, untuk itu kita bisa melakukan pemotongan suku bunga BI Rate," kata Hartadi.

Inflasi diperkirakan masih akan terus turun. Namun yang perlu diwaspadai adalah inflasi akibat administered price. "Kita belum tahu rencana kenaikan BBM. Namun ada beberapa administered price yang lain, seperti tarif dasar listrik. Namun kami hitung pencapaian inflasi di level 4,5 ± 1 persen masih tercapai," ungkap Hartadi. (umi)

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran
Chandrika Chika

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Sebelumnya, Keluarga Chandrika Chika menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk menjenguk sang putri, pada Rabu malam 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024