Kuartal II, Ekspor RI di Afrika Baru Terasa

Kunjungan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kementerian Perdagangan menyatakan bahwa pertumbuhan ekspor ke negara-negara yang menjadi pasar baru bagi Indonesia akan dirasakan hasilnya pada kuartal dua dan tiga di tahun ini.

"Saya rasa kuartal kedua sampai kuartal ketiga baru bisa dirasakan pertumbuhannya," ujar Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan di Jakarta, Selasa 14 Februari 2012.

Namun, Gita menuturkan, mengingat kekhawatiran terjadinya krisis di Eropa Barat dan Amerika Serikat, pemerintah tetap berhati-hati, berjaga-jaga, serta intensif melakukan diversifikasi ekspor ke pasar-pasar baru.

Seperti diketahui, pemerintah optimistis langkah ekspansi pasar ekspor baru seperti kawasan Afrika dan Amerika Selatan bakal mendongkrak nilai perdagangan Indonesia. Tak tanggung-tanggung, nilai ekspor tahun depan diperkirakan bisa mencapai US$230 miliar atau naik US$30 miliar dari target tahun ini.

"Kami akan fokus di bulan Februari ke Amerika Selatan dan Afrika. Itu pasar baru," kata Gita, saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, belum lama ini. 

Tampil di Coachella 2024, Vokal LE SSERAFIM Kena Kritik Pedas Netizen
Suzuki Jimny kena recall

Suzuki Jimny 3 Pintu di Indonesia Bermasalah Pompa Bahan Bakar, Apa Efeknya Jika Tak Diganti?

Pemilik mobil Suzuki Jimny 3 Pintu diharapkan membawa mobilnya ke bengkel resmi karena adanya masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar. Apa efeknya jika tak diganti?

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024