Rosa Berkicau, Angie Membantah

Angelina Sondakh menjadi saksi Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Angelina Sondakh membantah keterangan Mindo Rosalina Manulang mengenai penerimaan uang. Tersangka suap wisma atlet yang juga politisi Demokrat itu juga membantah sering berkomunikasi dengan Rosa, mantan anak buah Muhammad Nazaruddin.

Saat bersaksi untuk Nazaruddin pada 16 Januari, terpidana suap Wisma Atlet, Mindo Rosalina Manulang, membeber peran Angelina. "Ibu Angie minta uang karena sedang ada pembahasan anggaran Kemenpora. Ada (proyek pembangunan fasilitas olahraga di) Hambalang atau (pembangunan) Wisma Atlet. Dia bilang butuh uang untuk menggolkan anggaran," kata Rosa.

Menurut mantan anak buah Nazar di PT Anak Negeri itu, Angelina telah menerima uang dari dirinya terkait proyek pembangunan wisma Atlet SEA Games di Palembang. "Waktu itu kantor (PT Anak Negeri) mengeluarkan Rp10 miliar. Sebanyak Rp5 miliar untuk Angie, Rp5 miliar sisanya saya tidak tahu. Sebab, kalau tidak diberi uang, susah turun anggaran," ujar Rosa.

Rosa menambahkan, uang yang ia serahkan kepada Angie itu untuk uang muka anggaran proyek. "Saya tanya sama Bu Angie, ‘Bu ini untuk apa ya?’ Terus Bu Angie bilang, ‘Biasa, untuk pimpinan-pimpinan kita di Banggar (Badan Anggaran DPR). Kalau Ketua Besar kenyang, kita kan enak,'" kata Rosa menirukan ucapan Angelina.

Permintaan Angie ini, imbuh Rosa, dia teruskan kepada Nazaruddin selaku atasannya, sebab jika uang tak mengalir, Rosa yakin anggaran akan mandeg dan tidak turun untuk proyek Kemenpora itu.

Rosa pun mengungkapkan memiliki sejumlah istilah untuk berbicara dengan Angie, yang dipanggil sebagai Ibu Artis melalui BlackBerry Messanger (BBM). Istilah-istilah yang kerap digunakan saat bercakap-cakap dengan Angelina, seperti apel malang, washington, pelumas, semangka, dan ketua besar.

Namun, semua keterangan Rosa itu dibantah Angie saat bersaksi untuk Nazaruddin. Angie membantah berkomunikasi dengan Rosa melalui BlackBerry Messanger. Bantahan itu disampaikan saat Angie dicecar pertanyaan oleh Hakim dan Pengacara Nazar.

Dalam sidang ini, Majelis Hakim membacakan isi BBM antara Rosa dan seseorang yang diakui Rosa sebagai Angie. "Tentang pesan Blackberry, bedanya rasa apel Malang tiada duanya? Apakah mengenali BBM ini?" kata Ketua Majelis Hakim Dharmawati. Dengan spontan dan tenang, Angelina menjawab, "Tidak."

Dalam sidang, Angie mengaku tidak pernah berkomunikasi menggunakan BlackBerry dengan Rosa. Angie mengaku menggunakan BlackBerry baru akhir 2010. "Saya tidak gunakan BB, Yang Mulia. Saya katakan sesuai BAP (Berita Acara Pemeriksaan) saya, percakapan yang ditujukan kepada saya itu bukan percakapan saya," kata Angie saat bersaksi untuk terdakwa Nazaruddin.

Angie menjelaskan, dulu ia hanya menggunakan handphone biasa, Nokia. Namun politisi Demokrat itu mengaku memang pernah bertukar nomor handphone dengan Rosa. "Saudara pernah bertukar nomor handphone dengan Rosa?" tanya hakim. "Betul," jawab Angie.

Selain itu, Putri Indonesia 2001 itu juga membantah menerima Rp3 miliar dari Rosa. Uang Rp3 miliar itu diistilahkan sebagai "semangka". "Tidak pernah," ujar Angie. (eh)

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024