PD Pilihkan Komisi Bertensi Rendah Buat Angie

Angelina Sondakh Setelah Selesai Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Wakil Ketua Fraksi Demokrat Sutan Bhatoegana merasa wajar apabila Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Dewan Pembina Demokrat marah besar ketika mendengar Angelina Sondakh dirotasi ke Komisi Hukum DPR.

“Rakyat sendiri kan bertanya-tanya, kenapa orang yang bermasalah hukum malah dimasukkan ke Komisi Hukum. Sama juga dengan Pak SBY,” kata Sutan kepada VIVAnews, Kamis 16 Februari 2012.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Apalagi, lanjutnya, Fraksi Demokrat pada waktu yang sama justru merotasi M Nasir, kakak kandung Nazaruddin, dari Komisi III ke komisi lain untuk menghindari konflik kepentingan.

Dengan demikian, ujar Sutan, wajar apabila SBY ingin pertimbangan yang sama juga diterapkan bagi Angie. Demokrat pun akhirnya menggeser Angie ke Komisi VIII DPR yang membidangi agama.

Demokrat menilai, Komisi VIII adalah komisi yang paling bertensi rendah dan relatif jauh dari hingar-bingar politik. “Komisi VIII itu mengurusi agama, sosial, pemberdayaan perempuan. Jadi lebih low profile,” terang Sutan.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Sementara komisi-komisi lain dipandang Demokrat memiliki nuansa politik tinggi. “Apalagi di Komisi III, jelas kontraproduktif karena komisi itu membawahi hukum, padahal Angie sedang kena musibah hukum,” imbuh Sutan.

Ia mengatakan, semalam setelah berkomunikasi dengan Ketua Fraksi Demokrat Jagar Hafsah, mereka memutuskan untuk memindahkan Angie ke Komisi Agama sesegera mungkin, tanpa pembahasan lebih jauh dengan Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat.

“Saya minta ke Pak Jafar untuk segera keluarkan Surat Keputusan pemindahan Angie ke Komisi VIII hari ini juga. Kirim saja cc-nya ke DPP, karena ini sifatnya emergency,” kata Sutan. Jafar menyetujui usulan itu dan hari ini Angie resmi menghuni Komisi Agama.

Secara terpisah, Sekretaris Dewan Pembina Demokrat Andi Mallarangeng menyatakan SBY sendiri yang memerintahkan agar penempatan Angie di Komisi Hukum dibatalkan.

“Beliau marah besar. Pak SBY sebagai Ketua Dewan Pembina segera memerintahkan Ketua Umum dan Ketua Fraksi Demokrat untuk membatalkannya. Komentar beliau, langkah itu sama sekali tidak cerdas,” tegas Andi. (umi)

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024