Posisi Angelina di DPR Makin Tak Jelas

Angelina Sondakh Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Politisi Demokrat Angelina Sondakh tetap duduk di DPR sebagai anggota dewan meski yang bersangkutan telah berstatus sebagai tersangka kasus suap Wisma Atlet. Namun posisinya di alat-alat kelengkapan dewan makin tak jelas setelah dilucuti satu per satu.

Angie dicopot dari keanggotaan Badan Anggaran DPR. Ia pun dirotasi dari Komisi Olahraga di mana ia berkasus, ke Komisi Hukum DPR. Namun ternyata keputusan rotasi ini menuai reaksi keras, bahkan membuat Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono marah besar, sehingga Angie lagi-lagi digeser Demokrat keluar dari Komisi Hukum.

Wakil Ketua Fraksi Demokrat Sutan Bhatoegana menyatakan Angie kini dirotasi ke Komisi Agama. “Supaya elok dan sejuk. Angie paling cocok ada di Komisi VIII (Agama) untuk siraman rohani,” kata Sutan. Menurutnya, Demokrat sengaja memilihkan Komisi Agama yang bertensi rendah dan relatif jauh dari hingar-bingar politik.

Namun secara terpisah, Wasekjen Demokrat Saan Mustofa justru mengatakan Angie saat ini untuk sementara dikembalikan ke Komisi Olahraga. “Fraksi sudah merevisi rotasi Angie ke Komisi Hukum. Anggota Fraksi Demokrat yang kemudian masuk ke Komisi Hukum adalah Khotibul Umam Wiranu, bukan Angie,” ujar Saan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 16 Februari 2012.02.16

Khotibul masuk ke Komisi Hukum untuk menggantikan politisi Demokrat M Nasir yang dikeluarkan dari komisi itu guna menghindari konflik kepentingan sehubungan dengan kasus hukum yang membelit kakaknya, terdakwa Muhammad Nazaruddin yang juga mantan Bendahara Umum Demokrat. Nazaruddin juga lah yang menyeret nama Angie ke kasus yang sama.

Saan menjelaskan, sebetulnya Angie sempat dirotasi ke Komisi Hukum hanya karena fraksi melaksanakan skema lama yang disusun sebelum status Angie berubah menjadi tersangka. Namun karena dianggap tidak patut, maka fraksi membatalkannya.

Saan yang juga duduk di Komisi Hukum mengakui tidak tahu bahwa Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sempat marah ketika mendengar Angie dirotasi ke Komisi Hukum.

Sekretaris Dewan Pembina Demokrat Andi Mallarangeng lah yang mengungkap betapa berangnya SBY. “Beliau marah besar. Pak SBY sebagai Ketua Dewan Pembina segera memerintahkan Ketua Umum dan Ketua Fraksi Demokrat untuk membatalkan rotasi Angie. Komentar beliau, itu sama sekali tidak cerdas,” kata Andi. (umi)

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024