PLN Tender Kabel Transmisi Bawah Laut Rp18 T

Proyek Induk Pembangkit PLN Pluit
Sumber :
  • Antara/Rosa Panggabean

VIVAnews - Proyek kabel transmisi bawah laut ruas Sumatera-Jawa berkapasitas tegangan 500 kilovolt akan mulai dilelang PT Perusahaan Listrik Negara pada triwulan ketiga 2012. Nilai proyek kabel listrik sepanjang 700 kilometer itu sebesar US$2 miliar atau sekitar Rp18,01 triliun.

Direktur Konstruksi PLN, Nasri Sebayang, menuturkan, PLN saat ini sedang menyiapkan dokumen tender proyek kabel listrik yang menghubungkan Bangko Tengah, Sumatera Selatan ke Bogor, Jawa Barat. "Nanti dilanjutkan prakualifikasi dan lelang pada triwulan ketiga 2012," katanya di Jakarta, Kamis 16 Februari 2012.

Ia menjelaskan, proyek tersebut terbagi dalam empat paket pekerjaan, antara lain kabel transmisi jaringan bawah laut tegangan searah (direct current/DC), transmisi DC berlokasi di darat, pembangunan dua paket gardu induk yang mengubah arus bolak-balik (alternating current/AC) ke DC di Bangko Tengah dan Bogor, serta paket terakhir pengerjaan arus AC.

Nasri berharap, pada 2013, pengerjaan proyek ini mulai berjalan, sehingga diharapkan rampung Februari 2016. Proyek itu telah mendapatkan komitmen pendanaan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) sebesar US$1,7 miliar, sedangkan sisanya diambil dari dana internal PLN.

Menurut dia, dipilihnya proyek kabel arus DC, karena pertimbangan ekonomis, terkait susut daya listrik. Kalau menggunakan arus AC, susut daya listrik bisa mencapai 20 persen, namun dengan DC hanya lima persen.

Seperti diketahui, proyek kabel transmisi ini akan mengatasi pertumbuhan listrik di Pulau Jawa yang terus meningkat, sedangkan sumber energi primer melimpah di Sumatera. Kabel transmisi tersebut direncanakan mengaliri listrik sebesar 3.000 megawatt dari Bangko Tengah ke Bogor. (art)

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024