Bank AS Tawarkan Kredit Tanpa Batas ke RI

Barack Obama hadiri kesepakatan antara Boeing dengan Lion Air
Sumber :
  • REUTERS/ Made Nagi/ Pool

VIVAnews - Export-Impor Bank of The United States (US Exim Bank) tengah mengincar pembiayaan lain setelah sukses memberikan pinjaman kepada maskapai penerbangan Lion Air hingga US$21 miliar. Sepanjang 2011, US Exim Bank telah menyalurkan pinjaman ke Indonesia sebesar US$500 juta.

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba

"Paling banyak dari pembiayaan itu adalah pinjaman ke Lion Air untuk membeli pesawat Boeing," kata Direktur US Exim Bank, Patricia M Loui, di Hotel JW Marriott, Jakarta, Kamis 16 Februari 2012.

Patricia mengatakan, sektor bisnis lain yang kini tengah dijajaki perusahaan di antaranya kelistrikan, transportasi, dan penerbangan sipil. Tak hanya itu, US Exim Bank juga tengah mengincar pembiayaan di sektor jasa.

"Kami juga melihat kemungkinan berkembang ke sektor yang lain," jelasnya

Untuk Indonesia, Patricia menjelaskan, US Exim Bank akan memberikan pendanaan tanpa batas, di sektor mana pun. "Kabar baiknya, kami berikan berapa pun yang diminta, di negara mana pun, untuk sektor apa pun," kata dia.

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

Saat ini, US Exim Bank mengaku telah mengantongi permintaan pinjaman dari sektor pertanian. "Kami juga siap mendanai pembiayaan di bidang itu," ujarnya.

Berdasarkan data Kedutaan Besar AS pada 2010, negara Paman Sam itu telah mengimpor produk senilai US$1,97 triliun atau 30 persen dari total impor barang di dunia. AS saat ini menjadi negara pengimpor barang terbesar kedua dunia.

Dari Januari hingga November 2011, total nilai ekspor barang Indonesia ke AS tercatat US$17,7 miliar. Dalam periode yang sama, jumlah total barang yang diimpor dari AS ke Indonesia mencapai US$6,7 miliar, sehingga Indonesia mendapatkan surplus perdagangan sebesar US$11 miliar. (art)

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Politikus Partai Golkar, Nusron Wahid mengaminkan jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka bergabung ke Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024