Bank AS Jajaki Penyaluran Kredit ke Garuda

Barack Obama hadiri kesepakatan antara Boeing dengan Lion Air
Sumber :
  • REUTERS/ Made Nagi/ Pool

VIVAnews - Export-Impor Bank of the United States (US Exim Bank) tidak hanya membiayai pembelian pesawat Boeing oleh Lion Air. Namun, US Exim Bank itu juga menjajaki kerja sama dengan Garuda Indonesia.

Direktur US Exim Bank, Patricia M Louis, mengatakan, sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan yang ingin bekerja sama dengan US Exim Bank, di antaranya Garuda Indonesia. Kerja sama ini juga akan merambah sektor lain seperti tenaga listrik, transportasi, penerbangan sipil, dan jaringan.

"Kami juga akan bekerja sama dengan PT Kereta Api, khususnya untuk pembangunan rel kereta api," ujar Patricia di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu 16 Februari 2012.

US Exim Bank telah berkomitmen memberikan pinjaman kepada Lion Air hingga 2017 dengan total pendanaan US$21 miliar. "Saya sudah bertemu dengan Pak Rusdi (CEO Lion Air, Rusdi Kirana), katanya pesawat akan datang setiap bulan," kata dia.

Selain itu, US Exim Bank sudah berbicara dengan 10 bank di Indonesia terkait pembiayaan kredit. Sayangnya, bank di Indonesia belum memanfaatkan fasilitas yang diberikan. Untuk memahami produk yang dikembangkan US Exim Bank, bank AS itu bahkan menyediakan program pelatihan kepada bank-bank yang dijajaki kerja sama.

"Untuk persetujuan kredit, 85 persen pembiayaan yang diajukan ke US Exim Bank akan disetujui dalam waktu 100 hari," ujarnya. (art)

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae
Penyeberangan ASDP.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengungkapkan, pengguna jasa penyeberangan kini lebih baik dalam mempersiapkan perjalanan sejak jauh hari.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024