Kabar Gembira Yunani Angkat Saham di BEI

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia  kembali bergerak positif seiring berita gembira dari Uni Eropa, yang juga direspon positif oleh indeks acuan global maupun regional Asia.

IHSG di Bursa Efek Indonesia pagi ini dibuka naik ke level 3.962,23 pada transaksi Jumat 17 Februari 2012, melanjutkan prapembukaan pagi tadi yang menguat 37,54 poin atau 0,95 persen di posisi 3.965,15.

Research Analyst PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono menuturkan, dari Eropa dikabarkan Uni Eropa mempertimbangkan memotong bunga utang dari dana talangan Yunani.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Bank Sentral Eropa juga akan melakukan swap surat utang Yunani dengan surat utang yang baru. Tujuannya adalah menghindari kerugian dari restrukturisasi utang Yunani.

"Surat utang yang baru tersebut, memiliki struktur dan nilai nominal yang sama dengan yang lama, hanya saja berbeda di beberapa klausal," kata dia dalam risetnya kepada VIVAnews di Jakarta, Jumat.

Bursa Wall Street pada perdagangan Kamis waktu New York, juga ditutup menguat setelah beberapa data indikator ekonomi memperlihatkan perkembangan yang signifikan dan adanya optimisme Yunani yang akan mendapat dana bantuan tepat pada waktunya.

Data klaim pengangguran AS, kata dia, pekan lalu tercatat terendah sejak empat tahun terakhir. Data tersebut, juga lebih baik dari survei awal. Data consumer confidence, perumahan, dan manufaktur juga menunjukkan pertumbuhan.

"Jadi, indeks menguat mengikuti reboundnya bursa regional yang memanfaatkan momentum dari Eropa dan Amerika Serikat. Adanya antisipasi beli menjelang musim laporan keuangan tahun buku 2011 tutur mendorong sentimen positif ke IHSG," ujar Purwoko.

Analis PT Phillip Securities Indonesia, Armand Dharmasana juga mengatakan bahwa penguatan indeks saham AS yang melonjak kemarin, yang dipicu kemungkinan Yunani akan  memperoleh dana talangan dan data klaim pengangguran AS turun ke titik terendah dalam hampir empat tahun terakhir menjadi faktor pendorong penguatan bursa regional Asia.

"Termasuk, indeks saham di BEI," kata dia dalam risetnya yang diterima VIVAnews, hari ini.

Tercatat, indeks Dow Jones Industrial Average naik 123,13 poin atau satu persen ke level 12.904,08. Indeks S&P 500 menguat 14,81 poin atau 1,1 persen menjadi 1.358,04. Indeks Nasdaq Composite terangkat 44,02 poin atau 1,5 persen di posisi 2.959,85.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

"IHSG tentunya mendapat momentum positif dari pasar ekuitas global, terutama di Asia pagi ini," tutur Armand.

Sementara itu, bursa regional Asia Pasifik saat IHSG dibuka seluruhnya menguat. Shanghai Composite naik ke level 2.363,86, setelah menguat tujuh poin (0,30 persen).

Indeks Hang Seng terangkat 237,75 poin atau 1,12 persen menjadi 21.515,03. Bursa saham Jepang, Nikkei 225 juga menguat 173,30 poin atau 1,88 persen ke level 9.411,40.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Indeks Straits Times pun naik menjadi 2.999,16, setelah menguat 21,96 poin (0,74 persen). Sedangkan bursa saham Korea, Seoul Composite terangkat 31,39 poin atau 1,57 persen ke level 2.028,84. (ren)

Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024