Sensasi Cabai Terpedas di Dunia

cabai terpedas di dunia: Trinidad Moruga Scorpion
Sumber :
  • telegraph

VIVAnews - Tantangan baru bagi penggemar rasa pedas. Sejumlah pakar dari State University New Mexico mengidentifikasi varietas cabai terpedas di bumi: Trinidad Moruga Scorpion.

Jangan bayangkan cabai rawit yang berukuran jari kelingking. Varietas cabai ini berukuran sebesar bola golf dengan tingkat kepedasannya mencapai 1,2 juta unit skala Scoville.

Tingkat kepedasan yang sungguh luar biasa, mengalahkan cabai terpedas versi Guinness Book of Records yang hanya 1,17 juta unit Scoville. Tak hanya menciptakan sensasi superpanas di bibir dan perut, tapi juga merangsang produksi keringat dan air mata. 

"Saat gigitan pertama, rasanya tidak terlalu buruk. Tapi, seperti ada rasa yang tertunda. Pedasnya terus berkembang, berkembang, dan berkembang menjadi sangat buruk," kata Paul Bosland, pakar cabai terkenal, yang memimpin penelitian, seperti dikutip Telegraph.

Dalam penelitiannya, Bosland menanam ratusan bibit cabai dari sejumlah varietas. Sekitar 125 bibit per varietas. Selain Trinidad Moruga Scorpion, ia juga menanam Scorpion Trinidad, 7-pot, Chocolate 7-pot, dan Bhut Jolokia, varietas cabai asal India yang memegang rekor terpedas pada 2007.

Memasuki panen, ia memilih cabai yang telah memerah dari setiap varietas untuk dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Selanjutnya mengekstrak Capsaicinoids, senyawa yang menghasilkan rasa pedas pada cabai. Ekstrak inilah yang dijadikan bahan uji di laboratorium. 

Selama panen, peneliti senior Danise Coon dan dua mahasiswanya telah merasakan keganasan cabai Trinidad Moruga Scorpion. "Capsaicin itu menembus sarung tangan lateks yang kami kenakan saat memetik cabai, lalu merasuk ke dalam kulit kami. Sungguh itu tidak pernah terjadi sebelumnya."

Menurut Bosland, tingkat kepedasan cabai itu tak standar. Sangat tergantung iklim lingkungan tanam. Semakin tinggi suhu udara dan kurang kadar air, cabai semakin pedas.

Tertantang mencoba kepedasannya?

Viral Trotoar Berbayar di Jakpus, Pemuda Ambil Keuntungan dari Pemotor yang Melintas
Ilustrasi Rapat Paripurna di DPR.

Tolak Pengesahan UU DKJ, PKS Bilang Gedung DPR Belum Dibangun di IKN

 Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, PKS, menolak untuk disahkannya RUU tentang Daerah Khusus Jakarta atau DKJ menjadi undang-undang, dalam rapat paripurna DPR RI hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024