Payudara Pria Berkembang Seiring Obesitas

pria obesitas
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Gejala pria obesitas tak hanya terlihat dari timbunan lemak yang di perut, tapi juga bagian dada. Konsentrasi lemak di bagian ini bahkan tak jarang membuat payudara seolah tumbuh, layaknya wanita.

Obesitas menjadi penyebab utama moobs, atau berkembangnya jaringan payudara pria. "Jika tidak berolahraga, dan selalu makan berlebihan, pria berpotensi mengalami perkembangan jaringan lemak di payudara," kata seorang pakar, dikutip Health Me Up.

Selain obesitas, kasus yang paling sering terjadi adalah berkembangnya jaringan payudara pria akibat konsumsi obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang memicu ketidakseimbangan hormon ini akan membuat tingkat estrogen dalam tubuh pria lebih tinggi daripada testosteronnya, sehingga memungkinkan jaringan payudara tumbuh.

Meski demikian, pemicu tumbuhnya moobs bukan hanya obesitas dan konsumsi obat-obatan yang memengaruhi hormon. Gangguan genetika, penuaan, dan penyakit, juga kerap dituding sebagai pemicu.

Moobs memang tak membahayakan kesehatan secara langsung. Namun, banyak pria terpaksa melakukan sedot lemak di bagian dada lantaran tak percaya diri dengan pertumbuhan payudaranya. Mereka mungkin risih melihat timbunan lemak di dadanya tampak lebih besar dibanding payudara pasangannya. 

British Association of Aesthetic Plastic Surgeons (BAAPS) mengungkap, 80 persen dari 581 kasus bedah klinis pengurangan ukuran payudara pada 2009 dilakukan pria. Pengurangan jaringan lemak di payudara ini menjadi bedah klinis favorit ketiga di kalangan pria.

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi
Cak Imin di DPP PKB usai Gelar Rapat Tertutup Tanggapi Putusan MK

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan bahwa dirinya masih ingin hak angket di DPR RI tetap bisa digulirkan untuk mengetahui kelemahan keterpurukan sistem demokrasi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024