Dow Jones Sempat Sentuh Rekor

bursa saham new york
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVAnews - Indeks Dow Jones di bursa saham Amerika Serikat sempat menyentuh rekor tertinggi selama empat tahun terakhir sebelum akhirnya ditutup menguat pada level 12.965,69 atai naik 15,82 poin (0,12 persen).

Dow Jones menyentuh level tertinggi sebesar 13.000, yang merupakan capaian tertinggi pertama kalinya sejak Mei 2008. Sayang, prospek harga minyak yang meroket membuat Dow Jones kembali melemah.

Selain Dow Jones, penguatan juga terjadi pada indeks Standard&Poors 500 sebesar 0,98 poin (0,07 persen) ke level 1.362,21. Sementara itu, Nasdaq Composite Index justru melemah 3,21 poin (0,11 persen) ke level 2.948,57.

"Kita tengah menuju tekanan jual yang cukup kecil, hal ini menghambat penguatan yang berlangsung pada perdagangan hari ini," kata Fred Dickson, Chief Market Strategist dari DA Davidson & Co, Oregon, Amerika Serikat seperti dikutip reuters.com, Rabu, 22 Februari 2012.

Dari catatan reuters, penurunan indeks Dow Jones yang sempat menyentuh level diatas psikologis terjadi  setelah harga saham perusahaan ritel terbesar AS, Wal-Mart melemah cukup signifikan. Penurunan harga ini akibat laba perusahaan yang tak sesuai harapan.

Dickson mengatakan, harga minyak yang terus meningkat dikhawatirkan akan mengurangi keuntungan perusahaan. Lebih jauh, kenaikan itu bisa mendorong pengeluaran belanja dan bisnis perusahaan makin meningkat.

Sudah Menjenguk, Ayah Chandrika Chika Gak Nyangka Anaknya Pakai Narkoba

Sementara, Investment Adviser and Portfolio Manager di Cozad Asset Management, AS, Bryant Evans, menilai keputusan suntikan dana talangan (bailout) tahap II kepada Yunani tak cukup meyakinkan pasar modal.

"Ceritanya belum berakhir di sana," kata Evans.

Seorang pejabat di Uni Eropa mengatakan, penyelamatan Yunani dengan mengucurkan dana bailout sebesar 130 miliar euro baru bisa berdampak pada perekonomian "Negeri Para Dewa" tersebut pada tahun 2014 mendatang. (kd)

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Saksi Ungkap SYL Setoran Uang Bulanan ke Istri Hingga Puluhan Juta

Pengadilan Tipikor kembali melanjutkan sidang kasus korupsi berupa pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian RI, salah satu terdakwanya Syahrul Yasin Limpo (SYL)

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024