Listrik 3 Kota Besar di Kaltim Terganggu

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - Gangguan listrik yang diduga terjadi di Sistem Mahakam telah menyebabkan tiga kota di Kalimantan Timur terkena pemadaman. Hingga kini petugas PT Perusahaan Listrik Negara setempat masih mencari tahu sumber kerusakan dari jaringan listrik Sistem Mahakam tersebut. 

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Dari pantauan VIVAnews.com, Rabu, 22 Februari 2012, pemadaman terjadi sejak pukul 13.09 WITA. Hingga berita ini diturunkan, PLN belum berhasil menemukan penyebab lumpuhnya jaringan tersebut.

Petugas Humas PLN Wilayah Kaltim, Devi, menuturkan, listrik padam sekitar pukul 13.09 WITA. Itu tercatat dalam data pada sistem jaringan. Hingga sore ini, petugas PLN masih mencari lokasi kerusakan yang menyebabkan terganggunya jalur di sistem yang melayani tiga kota tersebut.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Sistem Mahakam merupakan jaringan yang melayani tiga kota besar di Kaltim yakni Samarinda, Balikpapan, dan Tenggarong. Bila terjadi kerusakan pada jaringan tersebut, distribusi listrik di tiga kota yang terlayani sistem itu juga akan terganggu.

Gangguan pada Sistem Mahakam sebetulnya pernah terjadi ketika kabel utama yang berada di Jalan Provinsi Samarinda-Balikpapan rusak. Gangguan terjadi hingga berjam-jam yang mengakibatkan pemadaman listrik. Namun, kala itu, petugas sudah mengetahui penyebab kerusakan.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Devi menuturkan, dirinya belum mendapatkan kepastian kapan jaringan akan kembali normal. Saat ini, petugas masih berusaha mendeteksi penyebab gangguan dan menormalkannya kembali. (art)

Xiaomi, Redmi Pad Pro 2024

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Redmi Pad Pro menawarkan layar besar 12,1 inci dengan refresh rate 120Hz, performa tangguh dari Snapdragon 7s Gen 2, dan baterai 10.000 mAh yang tahan lama hingga berjam.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024