Begini Cara Pemerintah Tekan Pengangguran

Bursa Kerja di Senayan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah akan mendorong pola pemagangan di perusahaan-perusahaan. Upaya itu untuk menekan angka pengangguran.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, di sela Pencanangan Gerakan Nasional Pemagangan di Cilegon, Banten, Rabu 22 Februari 2012, mengatakan, pemagangan dinilai mampu menyiapkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, pemagangan berperan menjadi jembatan antara dunia pendidikan dan kebutuhan perusahaan atau lapangan pekerjaan.

“Pemagangan di perusahaan akan membantu pengentasan pengangguran dan peningkatan kualitas tenaga kerja Indonesia,” kata Muhaimin dalam keterangan tertulis.

Muhaimin mengungkapkan, kondisi ketenagakerjaan Indonesia memerlukan perhatian yang serius. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, November 2011, jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Agustus mencapai 117,4 juta orang, sedangkan jumlah penganggur sebanyak 7,7 juta orang. Tingkat pengangguran terbuka mencapai 6,56 persen.

“Perusahaan memiliki peranan yang sangat strategis dalam menekan angka pengangguran, sekaligus meningkatkan keterampilan tenaga kerja. Salah satunya dengan melakukan pemagangan,” ujar Muhaimin.

Pemagangan bukan hanya untuk peningkatan kualitas tenaga kerja, tetapi juga dapat mendorong perusahaan meningkatkan produktivitas usahanya.

Bagi calon tenaga kerja dan tenaga kerja, pemagangan juga membantu meningkatkan kompetensi dan pengalaman kerja, sehingga tenaga kerja secara cepat terserap di pasar kerja. "Kompetensi dan pengalaman kerja merupakan faktor penting untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan perusahaan," katanya.

"Pelaksanaan pemagangan merupakan langkah konkret pemerintah melaksanakan konsep link and match, yaitu memastikan dunia pendidikan dan pelatihan selaras dengan kebutuhan dunia kerja, serta memastikan lulusan pendidikan dan pelatihan kerja terserap sepenuhnya dalam dunia kerja," kata dia.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, mendukung program pemagangan. Untuk itu, dia berjanji akan secara aktif mendorong dan menyosialisasikan program pemagangan itu ke seluruh perusahaan, khususnya anggota Apindo.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

“Kami mendorong agar perusahaan-perusahaan melaksanakan program pemagangan, karena manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh perusahaan,” ujar Sofjan.

Selain itu, Apindo bersama pemangku kepentingan lainnya akan menyusun rencana strategis pengembangan kewirausahaan pemuda-pemudi program pengembangan kewirausahaan. “Apindo juga akan memfasilitasi akses pekerja yang bersedia membina, melatih, dan bermitra untuk menyelenggarakan program pemagangan perusahaan,” tuturnya. (art)

Bea Cukai bersama BNN menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu dan ganja

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Sepanjang Januari-Februari 2024, Bea Cukai bersama BNN telah mengungkap empat kasus peredaran gelap narkotika di wilayah Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024