Harga Pokok Beras Naik Jadi Rp6.600 Per Kg

Suswono dan Hatta Rajasa
Sumber :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Pemerintah menetapkan harga pokok pembelian (HPP) beras baru sebesar Rp6.600 per kilogram, naik dari HPP beras sebelumnya yang hanya Rp5.060 per kilogram.

"Sudah diputuskan untuk beras itu Rp6.600 per kg. Tentu, itu jadi dasar Bulog untuk bisa membeli pada harga tersebut," kata Menteri Pertanian, Suswono, di Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Suswono menjelaskan, dengan panen raya yang sudah masuk sekarang ini,  Bulog harus optimal menyerap sebanyak mungkin beras dari dalam negeri. Bulog, lanjutnya, harus menjemput bola ke petani-petani, tidak hanya dalam posisi menunggu.

Dengan adanya HPP baru ini, kata Suswono, penyerapan Bulog harus berkonsentrasi membeli beras dalam negeri sehingga Indonesia tidak lagi mengimpor beras pada Februari 2012 ini. "Dan yang impor jika dimungkinkan bukan bulan ini," tuturnya.

Ia menjelaskan, pada 2012 ini Bulog mempunyai target untuk menyerap beras sebanyak empat juta ton, dan jika itu semua dapat dipenuhi oleh beras dalam negeri akan bagus.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

HPP baru ini, mulai berlaku pada Rabu 22 Februari 2012 dan akan dicantumkan dalam bentuk Instruksi Presiden. Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, menjelaskan HPP baru sudah cukup bagus dan dapat membuat petani Indonesia lebih makmur. "Sudah disetujui, aman, dan tentram," katanya.

WNA perempuan asal Jerman Laura Weyel - foto: Tangkapan Layar Instagram

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Video WNA perempuan asal Jerman viral di medsos bernama Laura Weyel merasa diperlakukan tidak adil oleh hukum Indonesia. Padahal nunggak sewa vila

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024