Rencana Kenaikan Harga BBM Ikut Tekan IHSG

Mencermati pergerakan saham
Sumber :
  • www.geckoandfly.com

VIVAnews - Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia terkoreksi pada awal transaksi hari ini, Kamis 23 Februari 2012. Padahal, pada perdagangan kemarin, indeks didera aksi ambil untung investor setelah pada hari sebelumnya naik cukup signifikan.

IHSG dibuka turun di posisi 3.994,65, melanjutkan prapembukaan transaksi pagi tadi yang melemah 13,61 poin atau 0,34 persen ke level 3.981,40.

Menurut analis PT BNI Securities, Maxi Liesyaputra, pergerakan indeks hari ini dipengaruhi sejumlah sentimen negatif. Dow Jones turun pada transaksi Rabu waktu setempat, karena adanya keraguan investor terhadap perincian penggunaan bantuan yang diterima Yunani minggu ini, selain untuk menghindari negara tersebut dari potensi gagal bayar.

"Bursa Eropa kemarin juga mengalami koreksi cukup dalam, di tengah data service and manufacturing di beberapa negara zona Eropa yang mengalami penurunan pada Februari 2012," kata dia dalam risetnya kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis.

Pergerakan harga logam seperti nikel dan timah, tambah Maxi, juga tidak memberikan katalis terhadap indeks karena mengalami koreksi. Begitu pun, dengan harga minyak yang terkoreksi setelah beberapa hari menguat, terkait kenaikan cadangan minyak di Amerika Serikat. "Beberapa bursa regional Asia seperti Nikkei dan Kospi juga melemah pada pagi ini," ujarnya.

Selain itu, dia melanjutkan, rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak pada April 2012 turut memberikan tekanan terhadap indeks domestik pada hari ini. "Jadi, IHSG akan berfluktuasi dengan potensi terkoreksi. Di mana kisarannya akan bergerak pada level 3.970 hingga 4.010," kata Maxi.

Bursa Asia Turun

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Bursa saham Asia jatuh pada perdagangan hari ini, Kamis 23 Februari 2012, di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi global.

Termasuk, tingginya harga minyak mentah dan data yang menunjukkan zona euro mungkin bergeser ke arah resesi, seiring kekhawatiran baru tentang Yunani.

Indeks saham acuan Asia Pasifik di luar Jepang, MSCI turun tipis 0,2 persen, setelah adanya konsolidasi karena berita kesepakatan akan dana talangan sekitar 130 miliarĀ  untuk Yunani pada awal pekan ini. Sedangkan bursa saham Jepang, Nikkei 225 rata-rata bergerak mendatar.

"Meskipun terjadi reli mengesankan tahun ini di pasar modal, kinerja sektor menunjukkan tanda-tanda bahwa harga energi yang lebih tinggi dan ramalan akan terjadinya kehilangan momentum perbaikan ekonomi bisa memperlambat kemajuan bursa saham," kata analis Barclays Capital, seperti dikutip dari laman Reuters. (umi)

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024