Pengusaha: Umumkan Harga BBM Secepatnya

SPBU Self Service Pertamnia
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah memberi kepastian kenaikan harga bahan bakar minyak secepatnya. Hal itu untuk mencegah spekulasi kenaikan harga barang.

Ketua Apindo Sofjan Wanandi menjelaskan, kepastian diperlukan agar pengusaha bisa menghitung beban biaya produksi. "Harga barang akan naik, itu pasti," kata Sofjan saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis 23 Februari 2012.

Dia mengatakan, kenaikan yang paling berat adalah ongkos transportasi. Karena itu, dia berharap biaya ini tak naik lebih dari 5 persen. "Pengusaha hanya bisa menerima kenaikan BBM hingga menjadi Rp6.500 per liter," katanya.

Sofjan mengatakan, untuk meredam kenaikan harga ini, pemerintah perlu membenahi sektor infrastruktur dan logistik demi menekan biaya produksi. Hal ini perlu untuk melindungi masyarakat.

"Ini yang harus kami hadapi bersama, dan pemerintah harus saling menjaga. Pemerintah harus membuktikan dapat mengurangi biaya logistik dengan membangun jalan-jalan dengan uang yang ada. Bukan hanya untuk menaikkan gaji (PNS)," tuturnya.

Memang, dia mengakui, pembenahan sektor infrastruktur dan logistik merupakan solusi jangka panjang. Sementara itu, untuk jangka pendek, masyarakat perlu mendapatkan bantuan seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT). "Tapi, betul-betul harus dijaga sampai tujuan," katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah harus menaikkan harga bahan bakar minyak. Keputusan itu diambil untuk melakukan penyelamatan anggaran negara.

"Harga BBM mau tidak mau tentu musti disesuaikan dengan kenaikan yang tepat," ujar Susilo Bambang Yudhoyono usai rapat kabinet terbatas di Jakarta, Rabu. (art)

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024