Wajib Tahu Soal Hyaluronic Acid

krim kulit
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Dalam dunia kosmetik, salah satu unsur yang saat ini sangat populer adalah hyaluronic acid. Berbagai produsen kosmetik, mengiklankan unsur ini sebagai zat yang sempurna untuk melembabkan dan mengurangi keriput.

Sebenarnya, hyaluronic acid secara alami sudah ada di tubuh kita, terutama di jaringan kulit. Fungsinya adalah untuk menjaga elastisitas dan kolagen, meskipun jumlahnya akan habis seiring pertambahan usia.

Pada industri kosmetik, hyaluronic acid, dapat diproduksi dengan dua cara, melalui proses kimia dan alami. Apapun proses produksinya, hyaluronic acid ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, tak memicu alergi dan iritasi.

Hyaluronic acid, seperti dilansir dari geniusbeauty.com, merupakan komponen pelembab yang sangat baik, karena dapat menarik air dan mengirimkannya ke sel-sel kulit. Fungsi lainnya adalah mengurangi hilangnya tingkat kelembaban.

Formula ini juga diketahui lebih unggul dibandingkan bahan pelembab lain seperti gliserol dan urea. Apa yang membuatnya lebih unggul? Pertama, karena mampu menahan air 1.000 kali lebih banyak. Kedua, cara kerjanya tetap maksimal baik pada kelembaban yang rendah maupun tinggi.

Kemampuan hyaluronic acid untuk mempertahankan kelembaban juga membantu untuk membuat kulit lebih cerah, menyembunyikan keriput dan kendur. Tapi ada satu kekurangannya,  hyaluronic acid tidak bisa menembus jauh ke dalam kulit, hanya sampai bagian dalam atas lapisan epidermis.

Itu karena, molekul hyaluronic acid terlalu besar untuk melewati lapisan epidermis kulit. Sehingga, tak terlalu efektif untuk memerangi keriput dan hanya bisa menyamarkannya. (hp).

5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia U-23
Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo, Amir Halid kini terus berlanjut dan belasan korbannya sudah melapor ke Polisi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024