Redakan Nyeri Payudara Saat Haid

Ilustrasi Kanker Payudara
Sumber :

VIVAnews - Saat datang bulan, nyeri payudara biasanya menyerang. Kondisi ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon sehingga kelenjar susu membesar, dan rasa nyeri pun muncul.

Untuk meredakannya, Anda bisa melakukan pijatan payudara selama sekitar lima hingga 10 menit. Dengan memberikan pijatan lembut, Anda juga akan mendapatkan efek relaksasi.

"Pijatan pada payudara, salah satu cara efektif untuk mengurangi nyeri payudara saat haid. Siapapun bisa melakukannya, karena sangat mudah," kata Lidia Astuti, pakar perawatan holistik, dalam acara talkshow 'Tampil Segar Saat Menstruasi' yang digelar Martha Tilaar dalam rangkaian acara Indonesia Fashion Week, di JCC, Jakarta.

Hal yang perlu Anda siapkan hanyalah minyak untuk memijat. Oleskan minyak di sekitar payudara, sembari berikan pijatan di payudara dengan gerakan melingkar.

Arah pijatan harus diperhatikan, yaitu dari arah luar ke dalam. Jika terasa sakit, perlembut tekanan. Hindari bagian puting karena biasanya area tersebut terasa sangat nyeri.

Cara lain untuk mengurangi nyeri haid secara alami adalah dengan meminum ramuan yang terbuat dari kunyit. Anda bisa membuatnya sendiri atau membeli minuman kunyit dalam kemasan. "Kunyit merupakan analgesik alami, yang bisa mengurangi rasa sakit baik pada payudara atau perut saat haid," kata Lidia.

Ia juga menganjurkan, untuk melakukan gerakan-gerakan peregangan atau berolahraga ringan. Dengan olah fisik, Anda bisa memperlancar peredaran darah, sehingga darah haid yang keluar lebih lancar dan tubuh tetap fit. (umi)

Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo
Nathan Tjoe-A-On

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan berita baik perihal Nathan Tjoe-a-On yang akhirnya diizinkan klubnya Heerenveen untuk kembali memperkuat timnas di Piala AFC U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024