Film Iran Berjaya di Academy Awards

Film 'A Separation'
Sumber :
  • Screenrush.co.uk

VIVAnews - Film Iran berjudul 'A Separation' berhasil meraih Piala Oscar dalam ajang Academy Awards 2012. Film garapan sutradara Ashgar Farhadi ini meraih piala dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Film ini mengalahkan empat film lainnya, 'Bullhead' dari Belgia, 'Footnote' perwakilan Israel, 'In Darkness' dari Polandia dan film Kanada berjudul 'Monsieur Lazhar'. Film 'A Separation' sendiri sebelumnya sudah memenangkan penghargaan yang sama di ajang Golden Globe Awards beberapa waktu lalu. Di ajang tersebut, 'A Separation' berhasil mengalahkan film besutan Angelina Jolie, 'In the Land of Blood and Honey'.

Film ini memang berhasil menyita perhatian dan dijagokan akan meraih piala dalam Oscar tahun 2012 ini. Film 'A Separation' menceritakan tentang pasangan yang harus mengambil keputusan sulit, antara pindah ke luar negeri demi anak-anak mereka atau tetap tinggal di Iran untuk merawat orangtua yang menderita penyakit alzheimer.

Film asal Iran ini berhasil meraih sukses di beberapa penghargaan film internasional lainnya seperti dari Asia Pacific Screen Awards, Festival Film Internasional Berlin, British Independent Film Awards, dan Broadcast Film Critics Association Awards. (umi)

5 Tips Nyimpan Buah dan Sayuran supaya Segar Berminggu-minggu
Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh

Hakim MA Gazalba Saleh Didakwa TPPU untuk Beli Alphard hingga Lunasi Rumah KPR

Hakim nonaktif MA Gazalba Saleh telah didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Rp 25 miliar lebih dalam menangani kasus perkara di lingkungan MA.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024