Olahraga Bikin Kerja Lebih Semangat

Wanita berolahraga
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Sedang malas-malasnya ke kantor? Atau merasa bosan dengan rutinitas pekerjaan, tapi tak bisa cuti? Ada cara mudah untuk mengembalikan lagi semangat bekerja. Lakukan saja aktivitas fisik yang seru.

Hal ini menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Tel Aviv University, Israel. Diketahui, seseorang yang melakukan minimal 1,5 jam olahraga dalam satu minggu, risiko mengalami kejenuhan pada pekerjaan dan kehidupan, lebih sedikit. Hal ini dibandingkan mereka yang tidak pernah berolahraga sama sekali.

Kejenuhan pada pekerjaan merupakan gejala awal depresi, yaitu kelelahan secara mental, fisik, dan emosi. Doktor Sharon Toker, kepala penelitian, mengungkapkan kalau kondisi fisik dan emosi berkontribusi terhadap kejenuhan pada pekerjaan.

Nantinya, kondisi tersebut memiliki efek domino pada hal lain seperti keluarga, kehidupan pribadi, dan harga diri. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Psychology, menganalisis 1.632 pekerja di sektor swasta dan publik, dalam hal kepribadian, pekerjaan, dan psikologis.

Selama penelitian, pekerja dibagi dalam empat kelompok. Kelompok pertama, sama sekali tidak berolahraga. Kelompok kedua, berolahraga 75 sampai 150 menit tiap minggu dan kelompok ketiga, berolahraga 150 hingga 240 menit tiap minggu. Sementara itu, kelompok keempat, berolahraga 240 menit tiap minggu.

Mereka diminta mengisi kuesioner saat melakukan pemeriksaan medis rutin, dan harus melakukan tiga pemeriksaan lagi dalam kurun waktu sembilan tahun. Hasilnya, depresi dan kelelahan tertinggi terlihat secara jelas pada kelompok yang tidak berpartisipasi dalam aktivitas fisik.

Diketahui, makin sering seseorang berolahraga, makin kecil kemungkinan mereka mengalami depresi tingkat tinggi dan kelelahan selama tiga tahun ke depan. "Mereka yang melakukan setidaknya empat jam latihan, juga hampir tidak mengalami gejala ketegangan mental," kata Dr Toker. (art)

Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy
Rafael Struick latihan bersama Indonesia U-23

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Penyerangan Timnas Indonesia, Rafael Struick bakal dipastikan absen memeprkuat skuad asuhan Shin Tae Yong pada babak Semifinal Piala Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024