Tudingan Rosa dan Bantahan Angie

Angelina Sondakh menjadi saksi Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Politisi Partai Demokrat Angelina Sondakh dan mantan anak buah Nazaruddin, Mindo Rosalina Manulang, Rabu 29 Februari 2012 ini dijadwalkan bersaksi di persidangan terdakwa kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games Muhammad Nazaruddin.

Keduanya akan dikonfrontir terkait kesaksian mereka yang saling bertolak belakang dalam persidangan sebelumnya. Sayangnya, Rosa sakit sehingga tidak hadir dalam persidangan yang digelar di PN Tipikor, Rabu 29 Februari 2012.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Angie memang membantah berbagai kesaksian Rosa dalam persidangan Rabu, 15 Februari 2012 lalu. Salah satu bantahan yang ia pegang teguh adalah soal komunikasi dengan Rosa menggunakan BlackBerry Messenger (BBM) yang ia sebut tidak benar.

Mari kembali menyimak keterangan Rosa beberapa waktu lalu. Rosa adalah salah satu petinggi di perusahaan milik Nazaruddin.  Dalam persidangan, Rosa membeberkan  isi komunikasinya dengan Angie via telepon dan BBM. Rosa berulangkali menegaskan Angie beberapa kali meminta uang.

Dalam berkomunikasi mereka selalu memakai bahasa simbol, misalnya mengunakan istilah Apel Malang untuk menyebut rupiah, dan Apel Washington untuk menyebut mata uang dolar. Dalam komunikasi itu, mereka berdua juga menyebut-nebut Bos Besar dan Ketua Besar.

Namun Angie mengaku tidak pernah berkomunikasi dengan Rosa lewat BBM. Hakim berkali-kali mengingatkan Angie soal komunikasi dengan Rosa itu. Darmawati Ningsih, hakim yang memimpin sidang ini, bahkan membacakan kembali isi BBM itu demi mengingatkan Angelina.

Dharmawati juga mengutip pernyataan Rosa dari sidang sebelumnya, yang mengungkap bahasa-bahasa yang dipakainya saat berkomunikasi dengan Angie, mulai dari apel (rupiah), Washington (dolar AS), pelumas (rupiah).  Istilah-istilah itu dipakai, “Kata Bu Angie, agar tidak vulgar,” begitu keterangan Rosa dalam persidangan sebelumnya.

Hakim Darmawati lalu membacakan salah satu pesan lewat BBM itu. “Bedanya, rasa apel Malang tiada duanya.” Sesudah membacakan pesan itu, dia bertanya kepada Angie, “Apakah Anda mengenal isi BBM itu. “Tidak Yang Mulia,” jawab Angelina tenang.

Hakim kembali mengulang pertanyaan, apakah Angelina mengenal isi BBM itu. Tapi sekali lagi Angie menjawab, “Tidak Yang Mulia.” Angie juga membantah soal istilah Ketua Besar dan Bos Besar.

Angie mengaku pernah bertemu empat kali dengan Mindo Rosa Manulang. Tapi pertemuan-pertemuan cuma sepintas dan sama sekali tidak pernah membahas soal proyek Wisma Atlet di Palembang. Dia juga menegaskan tidak kenal dekat dengan Rosa, jadi tidak mungkin membahas proyek besar.

Hakim kemudian mencecar dengan bukti lain guna mengingatkan Angelina soal komunikasi yang intens itu. Angelia diketahui pernah mengundang Rosa untuk hadir dalam acara “tedak sinten” putranya, Keanu Jabaar Massaid.

Apa jawaban Angie soal undangan itu? "Saya mengundang semua teman-teman saya yang kontaknya ada di HP saya,” kata. Lantaran Rosa ada dalam daftar itu, ujarnya, begitu di-blast, maka otomatis Rosa juga mendapat undangan itu. Angie bahkan mengatakan saat itu belum memakai BlackBerry sehingga tak mungkin dia pakai BBM untuk berkomunikasi dengan Rosa.

Kuasa hukum Nazaruddin lantas menyodorkan foto di sejumlah media online yang mengambarkan Angelina sedang memegang BlackBerry. Foto-foto itu diambil tahun 2009 sebelum dia berkomunikasi dengan Rosa. Angie lalu menegaskan BlackBerry dalam foto itu bukan miliknya. (umi)

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024