Tujuh Kebiasaan Agar Selalu Bahagia

Wanita Tertawa
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Sebagian orang dilahirkan dengan perasaan bahagia. Menurut ilmuwan, otak mereka secara otomatis menghasilkan kimia yang mencipta perasaan bahagia.

Tetapi, ada juga orang yang selalu memandang sesuatu sebagai "gelas setengah kosong". Jangan putus asa! Penelitian juga menemukan beberapa hal yang bisa meningkatkan optimisme dan kebahagiaan. Berikut adalah cara melakukannya, seperti dimuat dalam ThirdAge:

Daftar tujuan

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Hanya membiarkan hari berlalu ternyata cenderunng membuat kita mengalami bad mood. Sebaliknya, mencapai tujuan-tujuan kecil mampu memperbaiki suasana hati.

Perlu diingat, jadilah diri sendiri dalam mencapai tujuan kecil harian Anda. Jangan memupuk harapan yang sangat tinggi, tapi tak dapat Anda penuhi. Buatlah tujuan yang bisa dilakukan, dan jangan terlalu banyak!


Liburan

Salah satu studi menunjukkan orang yang menghabiskan uang untuk berlibur dan bukan membeli barang-barang mahal lebih merasa bahagia. Tidak perlu anggaran besar untuk menikmati waktu luang dengan berlibur. Akhir pekan berkumpul bersama keluarga di taman kota sangat Anda butuhkan.

Kelompokkan teman


Walau terdengar egois dan dingin, cara ini mampu melindungi diri dari teman negatif atau yang membuat stres dan tertekan. Tak perlu membuang teman-teman negatif, tapi jadwalkan untuk lebih sering bertemu teman yang mampu mendukung kebahagiaan.

Hobi dan kesenangan baru

Jika Anda hobi merajut atau menonton film, mengapa tidak mencoba hobi baru yang menantang? Bisa paralayang, panjat tebing atau sesuatu yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Bukan hanya mendapat suntikan semangat baru, Anda akan menikmati pengalaman menyenangkan dan bersosialisasi dengan teman baru.

Tidur siang singkat

Penelitian menegaskan tidur siang dalam waktu singkat tidak hanya mempertajam konsentrasi, tetapi meningkatkan suasana hati. Anda hanya butuh tidur selama 10-20 menit di siang hari.

Meditasi

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa

Tak terhitung studi yang menyimpulkan bahwa bermeditasi selama 15 menit setiap hari akan mendongkrak mood, menurunkan tekanan darah, dan menciptakan pandangan yang lebih santai tentang kehidupan.

Anda dapat membuat mantra Anda sendiri seperti "damai", "tenang", "sukacita", atau apa pun yang bisa membuat Anda tersenyum.

Aktivitas fisik

Tidak ada alasan tidak! Baik saat ingin menurunkan berat badan, melawan penyakit atau hanya ingin bahagia, olahraga dan aktivitas fisik adalah mutlak.

Jika tak sempat berolahraga di pusat kebugaran, menaiki tangga, atau berjalan cepat selama 30 menit setiap hari akan membuat Anda bergerak, yang memicu produksi hormon bahagia.

Ingin berbahagia? Cobalah sejak saat ini! (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya