Volume Konsumsi BBM Mulai Melonjak

Pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Pemerintah menyatakan telah terjadi kenaikan volume konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi 8 persen pada premium dan 5 persen pada solar. Jika hal ini tidak ditanggapi, akan terjadi kelebihan volume konsumsi seperti tahun lalu.

"Kenaikan terlihat pada volume pemakaian Januari 2012 dibandingkan Desember 2011," kata Wakil Menteri Keuangan, Anny Ratnawati, di Jakarta, Rabu 29 Februari 2012.

Menurut dia, hal ini merupakan salah satu alasan mengapa pemerintah mengajukan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lebih awal. Dalam APBN-P direncanakan kenaikan harga BBM bersubsidi sebagai langkah penyelamatan anggaran dan penyesuaian harga minyak dunia.

Pemerintah, dia melanjutkan, telah menyiapkan kompensasi bagi masyarakat menengah ke bawah untuk menyelamatkannya dari dampak kenaikan harga. Beberapa langkah tersebut antara lain pemberian subsidi siswa miskin dan transportasi umum.

"Kompesasi bisa dilakukan lebih baik, karena BPS telah menyelesaikan pendataan berdasarkan nama dan alamat," tuturnya.

Langkah penghematan anggaran dari kenaikan BBM akan diarahkan untuk menggenjot pembangunan infrastruktur. "Infrastruktur yang baik akan berdampak distribusi menjadi lebih mudah dan biaya transportasi akan turun," katanya.

Anny mengatakan, terkait sektor energi, kebijakan pemerintah tetap mengedepankan ketahanan energi, penghematan energi, alokasi anggaran lebih efektif, dan mengurangi efek rumah kaca. "Hal inilah mengapa kami ingin mengatur subsidi energi," kata Anny. (art)

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024